CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 29 Juni 2015 07:00

Game online bisa turunkan berat badan?

Sebuah penelitian di Inggris menemukan bahwa bermain game online dapat membantu Anda mengurangi berat badan dan konsumsi cemilan tak sehat.

Game online bisa turunkan berat badan?

Techno.id - Selama ini, jika ingin memiliki bentuk badan yang ideal pasti Anda akan diet dan berolahraga mati-matian. Namun, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Jurnal Appetite menemukan sebuah cara mudah untuk menurunkan bobot badan Anda. Ya, penelitian yang diprakarsai oleh Dr Natalia Lawrence, psikolog di University of Exeter, Inggris, justru menggunakan game online untuk membantu Anda menurunkan berat badan dan mengurangi asupan cemilan tak sehat.

Dikutip dari website resmi University of Exeter, Dr Lawrence dan tim peneliti lainnya mengembangkan sebuah permainan online sederhana untuk melatih orang mengurangi konsumsi cemilan tak sehat yang merupakan penyebab utama obesitas. Dalam permainan tersebut, subjek yang terdiri dari 41 orang dewasa harus menekan tombol klik pada gambar yang mewakili makanan sehat, seperti buah dan sayur, serta mengabaikan gambar makanan ringan yang tidak sehat seperti biskuit atau pizza. Menurut Dr Lawrence, cara tersebut diduga kuat dapat melatih otak untuk mengatakan "tidak" untuk cemilan tak sehat seperti junk food.

Alhasil, setelah melewati pengukuran, para subjek yang telah menyelesaikan total 4 sesi permainan tersebut mulai mengonsumsi 220 kalori lebih sedikit daripada konsumsi normal. Bahkan, subjek juga tercatat telah kehilangan rata-rata 0,7kg berat badannya selama seminggu.

Sayangnya, penggunaan game online ini masih terbatas dalam lingkup penelitian. Namun, Dr Lawrence dan timnya mengatakan bahwa ada rencana game online tersebut dikembangkan secara luas supaya dapat membantu orang di seluruh dunia memulai gaya hidup sehat dengan tidak mengonsumsi junk food, minum alkohol terlalu banyak maupun merokok.

WHAT TO READ NEXT ?