Kebanyakan vitamin B12 ternyata bikin jerawat bertambah

Techno.id - Pola makan sudah lama dipercaya sebagai pemicu utama munculnya jerawat. Penelitian terbaru, seperti dikutip dari LiveScience.com (24/06/15), pun membuktikan kembali hal tersebut. Kali ini adalah asupan vitamin B12 yang dituding dapat menimbulkan jerawat dengan cepat.

Dalam artikel tersebut, dijabarkan bahwa vitamin B12 ternyata terbukti memicu bakteri kulit untuk memproduksi molekul yang memunculkan jerawat. Untuk membuktikannya, para ilmuwan meneliti perbedaan antara bakteri kulit dari orang yang rentan terhadap jerawat dan bakteri dari orang-orang yang berkulit bersih. Hasilnya, vitamin B12 pun sukses mengubah ekspresi gen dari bakteri kulit lalu memicu kemunculan jerawat.

Huiying Li, salah satu ilmuwan dari UCLA's David Geffen School of Medicine yang juga terlibat dalam penelitian itu, memaparkan kalau ada hubungan antara vitamin B12 dengan jerawat. Ia dan timnya pun telah menemukan jalur molekuler yang bisa menjelaskan hal tersebut di studi mereka. Akan tetapi, ia mengakui kalau, "Masih banyak yang harus dipelajari agar bisa benar-benar dipahami kalau B12 menyebabkan jerawat."

Tubuh manusia sendiri membutuhkan vitamin B12 untuk mengatur metabolisme, membentuk sel darah merah, dan mengelola sistem syaraf pusat. Zat ini umumnya ditemukan dalam daging hewan atau multivitamin.