Jika robot dipakai secara luas, 85% orang di negara ini bakal nganggur

Jika robot dipakai secara luas, 85% orang di negara ini bakal nganggur

Techno.id - Perlu disadari, bahwasannya pemberhentian pekerja sebagai konsekuensi dari perkembangan teknologi susah untuk dihindari. Apalagi jika ketergantungan terhadap teknologi otomasi di bidang-bidang tertentu makin tinggi, pekerja dengan skill rendah pun harus siap-siap angkat kaki dari dunia profesional. Sejumlah sektor yang mungkin akan banyak diisi oleh robot di masa depan itu misalnya transportasi dan logistik.

Nah, berdasarkan data dari Citigroup, ada negara yang bakal sangat meradang jikalau teknologi kian canggih, yakni Ethiopia. Jika robot dipakai secara luas, 85 persen warga di sana bakal menganggur akibat industrialisasi di sektor pertanian.

Selain Ethiopia, ada juga beberapa negara lain yang akan merasakan dampak serupa. Tiongkok, Thailand, India, dan Afrika Selatan memuncaki daftar lima besar. Namun jangan terlalu khawatir, karena pekerja di Amerika Serikat dan Inggris pun tak lepas dari dampak otomasi ini ke depannya.

Jika robot dipakai secara luas, 85% orang di negara ini bakal nganggur

Negara yang penduduknya berpeluang banyak menganggur akibat teknologi
2016 Statista

Untungnya, masih diperlukan waktu hingga beberapa tahun mendatang untuk membuat robot dan algoritma yang sanggup menggantikan pekerjaan tertentu. Profesi yang memerlukan kreativitas dan kecerdasan sosial, contohnya di sektor bisnis, seni, media, dan pendidikan, tak akan mudah direbut dari manusia.

(brl/red)