1.000 unit robot rumah tangga cerdas ludes dalam satu menit!

1.000 unit robot rumah tangga cerdas ludes dalam satu menit!

Techno.id - Kehadiran robot yang dapat meringankan pekerjaan manusia nampaknya sudah sangat dinantikan. Buktinya, saat Softbank mulai menjual robot buatannya Sabtu (20/06/15) lalu, publik Jepang menunjukkan antusiasme yang berlebihan. Tak ayal, 1.000 unit robot buatan perusahaan telekomunikasi asal Negeri Sakura itu pun ludes dalam waktu satu menit saja.

Berdasarkan laporan dari CNET.com (21/06/15), robot bernama Pepper tersebut sudah lama menjadi incaran publik karena keunggulannya. Pepper, yang per unit-nya dijual sekitar Rp21 juta, tak cuma sanggup menyelesaikan pekerjaan rumah tangga. Robot itu juga telah dilengkapi dengan mesin emosi, sehingga bisa mengungkapkan emosinya sendiri maupun mengenali emosi manusia.

1.000 unit robot rumah tangga cerdas ludes dalam satu menit!
Pepper 2015 Aldebaran/Jake Curtis

Lebih lanjut, mesin emosi itu berguna untuk mengembangkan kepribadian si robot itu sendiri. Saat empunya sering memperhatikannya, Pepper pun akan merasa senang. Begitu juga dengan sebaliknya. Masayoshi Son, CEO SoftBank, mengakui kalau keistimewaan Pepper yang ini terinspirasi dari robot terkenal dari serial kartun Jepang, Astro Boy.

Kemampuan komunikasi Pepper juga di atas rata-rata robot lain. Menurut klaim dari Softbank, Pepper siap menerima perintah suara dan bisa bereaksi sesuai dengan keadaan di sekitarnya. Pepper pun bisa berkomunikasi dalam empat bahasa berbeda, yakni Jepang, Inggris, Prancis, serta Spanyol.

Setelah dilego untuk pertama kalinya di Jepang, kabarnya Pepper bakal dijual juga ke Tiongkok dan pasar global. Ada yang berminat membelinya?

(brl/red)