CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 25 April 2016 14:00

Ini dia 10 situs terpopuler dengan domain .id

Nomor satu, raksasa internet Google-lah yang bertengger. Sisanya?

Ini dia 10 situs terpopuler dengan domain .id

Techno.id - Bulan Maret lalu, populasi domain .id terpantau semakin banyak, yakni mencapai 188 ribu lebih. Bahkan jika dibandingkan dengan Maret 2015, ada kenaikan hampir 50 ribu.

Sebagai country code top-level domain Indonesia (ccTLD-ID), domain .id memang ditujukan untuk kalangan luas, mulai dari perorangan hingga perusahaan dan organisasi. DomainTyper.com (25/04/16) menyatakan, dari 1 juta situs teratas secara global, 1.478 di antaranya adalah situs berakhiran .id. Setidaknya, ada sejumlah entitas yang begitu populer dengan domain .id-nya, antara lain Kaskus, Bank Mandiri, Lazada, serta JNE.

10 domain .id terpopuler saat ini
© 2016 domaintyper.com

 

Di luar 10 besar itu, masih ada juga nama-nama seperti JobStreet.co.id yang berada di posisi 11, Telkom.co.id di nomor 19, atau situs kementerian teratas di daftar tersebut, yakni Kemdiknas.go.id yang bertengger di nomor 22.

Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) sebelumnya telah berwacana untuk meningkatkan pengguna domain .id hingga 1 juta domain pada tahun 2017. Untuk menjaring lebih banyak masyarakat untuk menggunakan .id, ada sejumlah strategi yang telah ditempuh. Salah satunya ialah mensponsori biaya domain dan hosting.

Sementara itu dari sejumlah domain .id yang dikelola PANDI, ternyata domain .co.id masih populer. Namun, domain berusia 22 tahun itu mulai terancam oleh (apapun).id yang baru diluncurkan 17 Agustus 2014 kemarin.

WHAT TO READ NEXT ?