Ini cara mengaktifkan Emoji Vulcan salute di iOS 8.3

Ini cara mengaktifkan Emoji Vulcan salute di iOS 8.3

Techno.id - Sistem operasi iOS 8.3 baru saja dirilis beberapa hari yang lalu. Salah satu hal yang cukup menjadi sorotan adalah desain Emoji keyboard yang baru dan disertai dengan jumlah yang lebih banyak.

Di balik itu semua, tahukah Anda bahwa ternyata di dalam iOS 8.3 ternyata ada satu Emoji tersembunyi yang masih belum diketahui oleh banyak orang? Emoji ini diketahui bernama Vulcan salute.

Belum diketahui secara pasti mengapa Apple harus menyembunyikan Emoji dari karakter Star Trek ini. Namun jika Anda penasaran dengan tampilan Emoji tersembunyi ini, simak beberapa langkah sederhana berikut ini seperti dikutip AppleInsider (10/04/2015).

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah kunjungi halaman tweet ini langsung dari perangkat iOS 8.3 Anda. Highlight tweet tersebut hingga muncul Emoji Vulcan salute. Ketika Emoji Vulcan salute sudah muncul, tekan menu "Copy" untuk menyimpan Emoji Vulcan salute.

Setelah proses di atas selesai, akses menu "Settings > General > Keyboard > Shortcut". Di halaman shortcut panel ini, klik tanda plus "+" yang terletak di pojok kanan atas.

Ini cara mengaktifkan Emoji Vulcan salute di iOS 8.3

Ketika Anda sudah mencapai langkah ini, secara teori Anda sudah memiliki Emoji Vulcan salute di "Clipboard". Pindahkan Emoji Vulcan salute ke dalam Phrase text box dengan menekan menu "Paste".

Ini cara mengaktifkan Emoji Vulcan salute di iOS 8.3

Langkah terakhir adalah membuat shortcut untuk memanggil Emoji Vulcan salute. Anda dapat menggunakan kata "Vulcan" atau sejenisnya dan klik "Save" untuk menyimpan.

Emoji Vulcan salute sebenarnya juga dapat ditemukan di sistem operasi Mac OS X 10.10.3, dengan langkah aktivasi yang sama persis dengan prosedur di atas. Setelah prosedur di atas selesai, akses menu "System Preference > Keyboard > Text". Klik tanda plus (+) untuk menambahkan dan mengaktifkan Emoji baru.

Perlu diketahui bahwa Emoji Vulcan salute hanya mendukung sistem operasi iOS 8.3. Dengan kata lain, Emoji ini tak akan muncul di sistem operasi selain iOS 8.3. Anda juga diharuskan untuk mengaktifkan Emoji terlebih dahulu untuk dapat menggunakan Emoji ini.

(brl/red)