Indonesia bersiap sambut grand design sains tahun 2016 mendatang

Indonesia bersiap sambut grand design sains tahun 2016 mendatang

Techno.id - Indonesia bakal bersiap menyambut grand design atau kerangka besar sains nasional di tahun 2016 mendatang. Grand design ini nantinya akan berisi topik-topik penelitian dalam jangka waktu tertentu, termasuk produk lanjutan dari riset untuk pengembangan ilmu pengetahuan di Indonesia beserta pendanaannya.

"Nantinya akan diusahakan menjadi Keputusan Presiden. Kami menargetkan pada bulan Februari atau Maret tahun 2016 sudah menjadi draft yang bisa dikomunikasikan ke publik," terang Muhammad Dimyati Direktur Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kemristekdikti.

Seperti dikutip dari Antara (9/11/15), salah satu tujuan utama dibuatnya grand design ini adalah demi meningkatkan inovasi penelitian dan menyusun perencanaan riset-riset yang akan dilakukan di masa depan. Untuk mendukung terwujudnya grand design ini, Kemristekdikti dilaporkan telah membentuk kelompok kerja (pokja) yang bertugas mengumpulkan data. Pokja ini menurut Dimyati, beranggotakan mereka yang tergabung dalam lembaga penelitian di Indonesia, Dewan Riset Nasional, dan para akademisi dari perguruan-perguruan tinggi.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Dimyati menyampaikan bahwa perkembangan sumber daya ilmu pengetahuan dan teknologi Indonesia saat ini belum memberikan sumbangan yang signifikan terhadap peningkatan daya saing dari segi kreativitas dan inovasi. Ia mengatakan jika saat ini saja Indonesia ada di posisi ke 37 dari 144 negara yang paling produktif menghasilkan penelitian menurut survei dari The Global Competitiveness Report tahun 2014-2015.

Dari 12 bidang atau pilar kompetitif yang dinilai, kesiapan teknologi Indonesia memiliki peringkat terendah yakni di posisi ke-77. Sementara yang tertinggi justru datang dari ukuran pasar.

"Selain itu, kita juga merindukan datangnya penerima nobel dari Indonesia," kata Dimyati.

(brl/red)