India punya bandara pertama di dunia dijalankan oleh tenaga surya

India punya bandara pertama di dunia dijalankan oleh tenaga surya

Techno.id - Jika Anda sudah kagum dengan pesawat bertenaga matahari, mungkin Anda akan lebih terkesan dengan Bandara International Cochin. Bandara yang baru selesai dibangun di India ini menjadi bandara pertama di dunia karena dijalankan secara eksklusif menggunakan tenaga surya.

Bandara International Cochin merupakan salah satu bandara terbesar di India. Bandara ini mempunyai luas wilayah sekitar 457.200 meter persegi. Untuk mencukupi daya pada aktivitas bandara yang padat, India membangun sendiri daya 12MWp dari tenaga surya yang terdiri dari 46.000 panel surya, seperti yang dikutip dari DigitalTrends (19/8/15).

Prestasi ini tidak dibangun dalam semalam. Cochin telah memulai pembangunan bandara menggunakan energi terbarukan (energi surya) sejak tahun 2013. Meski sudah selesai, terkadang konsumsi daya listriknya mengalami kendala gara-gara sinar matahari terhalang oleh mendung.

Dari penggunaan energi matahari ini bisa dipastikan akan berdampak pada lingkungan bandara. Para analis di Cochin memperkirakan energi matahari ini akan memangkas penggunaan emisi karbon hingga 300.000 ton selama 25 tahun ke depan.

(brl/red)