CONNECT WITH US
Ulwan Fakhri Noviadhista |
 6 Februari 2016 05:00

IDC: Penjualan PC di Indonesia lesu karena pemerintah tak boros

Mereka mencatat selama 2015, penjualan PC di Asia-Pasifik berhenti di titik 107,6 juta unit saja.

IDC: Penjualan PC di Indonesia lesu karena pemerintah tak boros

Techno.id - Tren penjualan PC memang sedang dan masih memburuk. Buktinya, menurut perusahaan riset pasar International Data Corporation (IDC), hanya ada sebanyak 276 juta unit PC yang laku pada sepanjang 2015 secara global. Angka itu 10 persen lebih sedikit dari 2014 silam.

Menurun drastisnya jumlah PC yang terjual di dunia ini juga tak jauh berbeda dengan di Tanah Air. IDC meyakini penjualan PC yang rendah di Indonesia adalah akibat dari belanja pemerintah yang terlampau hemat untuk kebutuhan teknologi.

"Di Indonesia, pasar PC juga lemah karena menurunnya pengeluaran pemerintah dalam hal TI dan stok PC di saluran konsumen juga tinggi sepanjang tahun," demikian tulis IDC dalam rilis persnya (20/01/16).

Walau begitu, IDC turut mencatat adanya pergerakan vendor PC yang positif di Tanah Air. Penjualan PC merek Asus dari 2014 ke 2015 telah meningkat berkat daya beli konsumen Indonesia, yang notabene adalah salah satu pasar utama mereka selain Tiongkok.

Menurut IDC selama 2015, penjualan PC di Asia-Pasifik berhenti di titik 107,6 juta unit saja. Angka itu menurun 7,7 persen dari 2014.

Untuk tahun 2014, secara singkat IDC memprediksi industri PC akan tetap kesulitan dalam hal penjualan. Selain keadaan ekonomi yang masih labil, pergolakan di pasar Tiongkok bakal berpengaruh besar terhadap pemasukan para vendor. Namun, harapan akan perubahan tetap ada dengan hadirnya Windows 10 yang diyakini bisa menarik konsumen untuk membeli PC baru.

WHAT TO READ NEXT ?