HTC berniat 'pensiunkan' produk dan karyawannya untuk kembali bangkit

HTC berniat 'pensiunkan' produk dan karyawannya untuk kembali bangkit

Techno.id - Salah satu ponsel andalan Mobile World Congress 2015, HTC One M9 tanpa diduga ternyata kurang diminati pasar. Otomatis, ponsel besutan Taiwan tersebut juga membuat HTC selaku pengembang mengalami kerugian cukup besar.

Tak ingin kian terpuruk, beberapa langkah strategis yang cukup mengejutkan pun mulai diberlakukan. Sebagaimana dikutip dari Recode (06/08/2015), HTC kini tengah berniat untuk memangkas beberapa produk dan 'merumahkan' beberapa karyawannya.

Sejauh ini, pihak HTC masih belum menginformasikan produk apa saja dan berapa jumlah karyawan yang akan dipensiunkan. Chialin Chang selaku Chialin Financial Officer hanya berkata singkat, "Mereka (jumlahnya) akan signifikan".

Chang sendiri mengaku bahwa keputusan ini dilakukan untuk mengurangi biaya operasional. Selain itu, HTC juga ingin lebih fokus membuat produk high-end agar dapat meningkatkan daya saing dengan Apple dan Samsung.

Seperti diinformasikan sebelumnya bahwa sepanjang tahun ini, saham HTC jatuh hingga 51 persen dibandingkan tahun lalu. Di laporan keuangan kuartal kedua, HTC bahkan mengalami kerugian hingga sebesar USD 259 juta (Rp 3,5 triliun).

Dengan kondisi tersebut, para analis IT memprediksi bahwa HTC akan berada dengan kondisi yang sama hingga setidaknya empat kuartal ke depan. "Kami percaya HTC akan terus kehilangan uang dan pangsa pasar smartphone," ungkap seorang analis asal Taiwan, Calvin Huang.

(brl/red)