Google: Ini tiga kebiasaan belanja online kaum urban Indonesia

Google: Ini tiga kebiasaan belanja online kaum urban Indonesia

Techno.id - Google baru saja merilis hasil riset mengenai kebiasaan digital masyarakat perkotaan atau kaum urban di Indonesia. Menurut hasil riset bersama lembaga riset GfK tersebut, kaum urban Indonesia punya kecenderungan unik terlebih mengenai kebiasaan berbelanja.

Dalam laporannya, Google menyebut jika kaum urban punya kebiasaan belanja online yang tinggi di tiga kategori yaitu travel, pakaian, dan perawatan. Henky Prihatna, Country Industry Head Google Indonesia mengungkapkan ketiga kategori ini sekarang sedang populer dan banyak dicari oleh para marketer.

"Kita memilih tiga kategori ini juga karena selain populer, juga tiga kategori ini sedang dicari oleh para marketer. Misalnya saja, travel sudah banyak ke online. Meskipun, dari hasil survei memperlihatkan bahwa rekomendasi teman masih banyak sekitar 50 persen. Namun, travel agregator sudah mulai menunjukkan angka yang bagus yakni 49 persen," jelas Henky seperti dilansir oleh Merdeka (3/9/15).

Henky menjelaskan jika dari ketiga kategori tersebut pihaknya menemukan tiga perilaku berbelanja yang cukup unik. Yang pertama menurut Henky adalah pendekatan online dan offline sama pentingnya bagi konsumen perkotaan. Lalu, kombinasi antara mesin pencari dan situs ritel merupakan sumber informasi penting untuk tiga sektor tersebut. Yang terakhir, perjalanan konsumen dalam proses pembelian tidak sederhana atau linear.

"Hasil survei ini memperkuat bukti bahwa adanya perilaku baru yang kami sebut momen mikro di mana konsumen menggunakan internet, biasanya melalui smartphone untuk dengan cepat memenuhi kebutuhannya seperti keinginan membeli barang," ungkap Henky.

Perlu Anda ketahui survei ini melibatkan 2500 orang di wilayah Jakarta, Bodetabek, Bandung, Semarang, dan Surabaya. Riset ini sudah dilakukan sejak November 2014 hingga Februari 2015.

(brl/red)