Apakah masyarakat Indonesia sudah mengenal IPTEK?

Apakah masyarakat Indonesia sudah mengenal IPTEK?

Techno.id - Meski pengguna internet di Indonesia sangat banyak, namun semua itu belum bisa menjawab pengetahuan masyarakat Indonesia terhadap IPTEK. Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Iskandar Zulkarnaen mengungkapkan bahwa masyarakat Indonesia masih kurang memahami hakikat dari Ilmu Pengetahuan Teknologi (IPTEK).

Iskandar mengatakan hal ini bukan tanpa alasan. LIPI telah melakukan survei yang menunjukkan bahwa kebanyakan masyarakat Indonesia masih belum memahami arti sebenarnya dari IPTEK.

"IPTEK itu hingga saat ini masih ditafsirkan bermacam-macam oleh masyarakat kita. Sayangnya, masyarakat belum paham dengan hakikat IPTEK," ujarnya saat acara LIPI Science Based Industrial Innovation Award (LIPI SBBI Award) di kantor LIPI, Jakarta, sebagaimana yang disadur dari Merdeka (2/9/15).

Menurut pemahaman dari masyarakat, penafsiran IPTEK itu terbagi dalam tiga isu besar, di antaranya penemuan besar, kontribusi terhadap perbaikan hidup, dan perubahan teknologi yang sangat cepat.

Dari tiga isu besar tersebut didapat hasil survei yang menunjukkan bahwa masyarakat cenderung memahami IPTEK sebagai penemuan besar dengan persentase 76 persen. Kemudian untuk penafsiran perbaikan kehidupan memiliki persentase 62 persen dan perubahan yang cepat sebesar 46 persen.

Survei ini memang tidak dilakukan pada semua daerah di Indonesia, namun beberapa kota tersebut sudah mewakili begitu banyak masyarakat di Indonesia. Beberapa kota besar yang dipakai untuk survei ini di antaranya Yogyakarta, Ambon, Balikpapan, Jakarta, Bandung, Batam, Denpasar, Makassar, Medan, dan Surabaya.

(brl/red)