Google berencana kirim paket gunakan drone di tahun 2017

Google berencana kirim paket gunakan drone di tahun 2017

Techno.id - Sepertinya mata pencarian di jasa pengiriman akan mendapat pesaing baru dari Google. Bagaimana tidak, tahun 2017 nanti Google berencana bakal melakukan pengiriman paket menggunakan drone. Hal ini akan mempercepat pengiriman dan bisa langsung disampaikan ke penerima di mana pun mereka berada.

Pengiriman paket ini juga dijadikan sebuah project bernama Wing. David Vos, sebagai pemimpin Project Wing berniat merealisasikan rencana ini dalam kurun waktu 12 bulan dengan mendaftarkan drone ke (FAA) Federal Aviation Administration dan Department of Transportation (DoT).

"Kami pikir kami bisa mencapai banyak hal dalam tiga, enam, sampai 12 bulan ke depan. Kami juga berharap untuk mendapatkan beberapa dukungan yang kuat untuk membuat hal ini terjadi," kata Vos, seperti yang disampaikan oleh Mashable (2/11/15).

Dia juga mengatakan bahwa dalam kurun waktu satu tahun ini mereka akan mengidentifikasi sistem operator drone agar dapat terbang lebih baik dari pesawat pada umumnya. Selain itu, Google juga ingin membuat jalur virtual otomatis yang membatasi drone miliknya dengan drone komersial milik warga. Hal ini dimaksudkan agar drone yang sedang mengirimkan suatu paket tidak bertubrukan dengan drone lainnya.

Di samping itu, Vos juga masih memikirkan bagaimana agar drone-nya dapat terbang stabil di ketinggian tertentu. Oleh karena itu, Google masih meminta bantuan FAA agar mereka dapat mengatur drone-nya bisa terbang lebih tinggi di atas pemukiman warga tetapi tetap tak mengganggu penerbangan pesawat berawak.

(brl/red)