FT-Unand siap jadi pelopor pengembangan drone Sumatera Barat

FT-Unand siap jadi pelopor pengembangan drone Sumatera Barat

Techno.id - Dilansir oleh Antara (31/10/15), Fakultas Teknik (FT) Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat (Sumbar) menyatakan siap menjadi salah satu pelopor pengembangan pesawat tanpa awak atau drone di Sumbar.

"Bila mendapat izin dan dukungan dari pimpinan universitas dan masyarakat kami akan menciptakan dan mengembangkan berbagai jenis drone di Sumbar," kata dosen FT Unand, Dendi Adi Saputra MT dikutip dari Antara.

Dia menyebutkan saat ini FT khususnya Teknik Mesin telah memiliki modal dalam penciptaan dan pengembangan Drone.

Salah satunya adalah keberhasilan tiga mahasiswa Roffi Ardinata, Gusman Arif dan Fahmul Ihsan memenangkan kontes drone di Universitas Gadjah Mada (UGM) beberapa waktu lalu.

Ketiga mahasiswa tersebut dikatakan telah berhasil menciptakan prototipe atau cikal bakal drone masa depan Sumbar yang dinamakan 'Unggeh Tabang' dan 'Langau Hitam'.

Saat ini kedua pesawat tersebut masih dalam tahap ujicoba sehingga jarak terbangnya baru mencapai 300 meter.Ke depan, kata Dendi, akan dikembangkan lagi sistem navigasinya, jenis hingga jangkauan terbangnya.

Sementara itu Rektor Unand Prof. Werry Darta Taifur menyambut baik niat fakultas Teknik tersebut dan berjanji akan mendukung dalam hal pendanaan dan sarana lainnya.

"Hal ini merupakan suatu kebanggaan bukan hanya Unand namun juga masyarakat Sumbar, sudah sebaiknya inovasi tersebut mendapat dukungan dari semua pihak," ucapnya.

(brl/red)