CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 11 September 2015 12:00

Qualcomm diam-diam rambah industri drone!

Qualcomm ternyata juga sedang mempersiapkan diri untuk merambah industri drone dengan merilis sebuah platform khusus, Qualcomm Snapdragon Flight.

Qualcomm diam-diam rambah industri drone!

Techno.id - Siapa yang menyangka jika Qualcomm yang selama ini hanya terkenal karena membuat sejumlah prosesor untuk smartphone ternyata juga sedang mempersiapkan diri untuk merambah industri drone dengan merilis sebuah platform khusus? Platform yang disebut dengan proyek Qualcomm Snapdragon Flight itu dikabarkan akan menyasar industri robot terutama pesawat mini tak berawak alias drone.

Menurut laporan dari TalkAndroid (10/9/15), platform ini nanti bakal dilengkapi dengan prosesor Snapdragon 810 serta fitur Ultra HD yang dapat merekam video dengan resolusi 4k. Platform ini juga kabarnya dilengkapi dengan teknologi komputer visi, komunikasi, navigasi, dan real-time asisten virtual penerbangan.

Hugo Swart, Senior Director of Product Management Qualcomm mengungkapkan proyek Qualcomm Snapdragon Flight ini sebenarnya merupakan satu dari banyak produk rancangan divisi Qualcomm Research. Ya, Qualcomm memang memiliki divisi penelitian tersendiri yang telah sukses merancang berbagai robot.

Adapun hasil penelitian dari divisi ini yang sempat diperkenalkan ke publik adalah Snapdragon Micro Rover yang menggunakan smartphone sebagai "otak" atau pengendalinya. Lalu, ada Snapdragon Cargo yang sempat diperkenalkan pada ajang CES 2015. Qualcomm Cargo sendiri merupakan platform yang memungkinkan robot untuk menggulung suatu benda.

Qualcomm dikabarkan sangat bekerja keras untuk mewujudkan platform terbaru ini. Perusahaan semikonduktor asal San Diego, California ini kabarnya memerintahkan para teknisi di divisi penelitian untuk membuat perangkat dengan ukuran, berat, dan konsumsi daya se-hemat mungkin sehingga perangkat tersebut bisa terbang lebih lama ketimbang perangkat sejenisnya.

WHAT TO READ NEXT ?