CONNECT WITH US
Delvit Grafelly |
 20 Januari 2016 15:00

Gara-gara email scam, Microsoft rugi Rp 10,3 triliun

Dalam kurun waktu Oktober 2013 hingga Agustus 2015, kerugian Microsoft karena email scam ditaksir mencapai Rp 10,3 triliun

Gara-gara email scam, Microsoft rugi Rp 10,3 triliun

Techno.id - Raksasa software Microsoft, baru-baru ini mengumumkan beberapa cara baru dalam memecahkan masalah "insider spoofing". Demikian menurut laporan terbaru Business Insider (19/01) sebagaimana dikutip dari blog resmi Office (14/01).

Istilah "insider spoofing" sendiri juga dikenal sebagai praktik penipuan via email (email scam). Microsoft mengatakan, kasus yang sering ditemui adalah pelaku yang berpura-pura sebagai CEO perusahaan untuk memeras sejumlah uang.

Menurut data FBI, dalam kurun waktu Oktober 2013 hingga Agustus 2015 kemarin, Microsoft setidaknya telah mengalami kerugian total sebesar USD 750 juta atau setara dengan Rp 10,3 triliun hanya karena email scam.

Kini, perusahaan pencipta Windows itu mengaku telah memperbarui software layanan email Outlook. Mereka pun mengklaim jika pembaruan ini sukses meningkatkan kemampuan Outlook dalam mengidentifikasi email scam hingga 500 persen.

Sebelumnya, Satya Nadella selaku CEO Microsoft sempat mengumumkan sejumlah fitur baru yang hadir di Outlook. Salah satunya adalah fitur "sandboxing", yang saat ini diakui pihaknya masih terus dikembangkan.

WHAT TO READ NEXT ?