Orang dewasa minum ASI, adakah gunanya?

Orang dewasa minum ASI, adakah gunanya?

Techno.id - Air Susu Ibu (ASI) sudah lama dikenal sebagai zat penyedia sumber gizi utama pada bayi. Susu alami itu terbukti mengandung banyak zat penting, misalnya immunoglobulin yang berguna untuk memperkuat daya tahan tubuh bayi. Nah, misalkan orang dewasa ikut mengonsumsi ASI, apakah mereka akan mendapatkan manfaat yang sama?

Ternyata, menurut peneliti, meminum ASI tidak terbukti bermanfaat bagi orang dewasa. Bahkan, ada kans ASI tersebut malah mengancam kesehatan mereka.

ASI memang bermanfaat untuk bayi, tetapi zat tersebut seharusnya tak dikonsumsi orang dewasa. Pasalnya, ASI yang belum dipasteurisasi bisa berisi ratusan spesies bakteri yang juga dapat memunculkan sejumlah penyakit dalam tubuh, contohnya hepatitis B dan C, HIV, serta sipilis.

Selain itu, kandungan ASI juga tak terlalu dibutuhkan orang dewasa. "Dari segi nutrisi, protein yang dikandung ASI lebih sedikit daripada susu lainnya, seperti susu sapi," terang peneliti seperti dikutip dari artikel ilmiah di Journal of the Royal Society of Medicine Vol. 108(6) 2015.

Di beberapa negara, konsumsi ASI oleh orang dewasa sedang marak. Di Inggris, ada es krim dari olahan ASI. Sementara di Amerika Serikat, ada produsen yang menjual lolipop dengan rasa ASI.

(brl/red)