Profesor Swedia ingin Wikipedia bermanfaat bagi tunanetra

Profesor Swedia ingin Wikipedia bermanfaat bagi tunanetra

Techno.id - Saat ini, mencari segala informasi sudah terlampau mudah berkat teknologi internet. Kendati demikian, internet juga masih belum banyak membantu bagi para penderita gangguan penglihatan alias tunanetra.

Setidaknya hal inilah yang melandasi KTH Royal Institute of Technology, Swedia, dalam mengembangkan mesin khusus tunanetra untuk situs Wikipedia. Singkat kata, mesin ini dirancang untuk membuat Wikipedia bisa berbicara.

Seorang profesor dari Speech Technology di KTH, Joakim Gustafson, dalam pengumumannya mengestimasi jika mesin ciptaannya ini akan membawa keuntungan bagi para pengguna tunanetra hingga 25 persen.

Di tahap awal, menurut Gustafson, mesin ini akan mendukung Bahasa Swedia. Sementara untuk ke depannya, lanjut sang profesor, akan ditambahkan Bahasa Inggris dan Arab. Meski demikian, ia masih enggan merinci kapan rencana penambahannya.

"Ke depannya, kami akan menambah Bahasa Inggris tingkat dasar, dan kami harap itu sudah cukup bagus dalam memberikan linguistik. Selanjutnya Bahasa Arab, untuk memberikan lebih dari sekadar konsep," ujarnya seperti dikutip dari Engadget (10/03).

(brl/red)