Diklaim aman untuk anak, bagaimana cara kerja Kiddle?

Diklaim aman untuk anak, bagaimana cara kerja Kiddle?

Techno.id - Kiddle, sebuah mesin pencari yang dirancang khusus untuk anak-anak tengah dalam sorotan netizen Tanah Air. Memangnya, seperti apa strategi Kiddle dalam menyaring konten internet yang begitu luas dan bebas?

Dalam proses menyaring konten, Kiddle ternyata memanfaatkan pemetaan hasil pencarian. Pemetaan di sini, adalah menampilkan hasil pencarian teratas untuk konten-konten yang dianggap paling ramah dengan anak.

Pemetaan pertama, hasil pencarian di urutan satu hingga tiga akan dianggap sebagai konten yang memang benar-benar ditulis untuk anak-anak. Hasil pencarian ini, diklaim langsung diaudit oleh tim editor Kiddle.

Pemetaan kedua, hasil pencarian di urutan empat hingga tujuh akan dianggap sebagai konten dari situs-situs terpercaya dan ditulis dengan bahasa penulisan yang mudah dipahami oleh anak-anak. Opsi ini juga langsung diawasi oleh tim editor Kiddle.

Pemetaan ketiga, hasil pencarian di urutan delapan atau lebih akan dianggap sebagai konten dari situs-situs terpercaya yang ditulis untuk orang dewasa dan sulit dimengerti oleh anak-anak. Opsi ini mengandalkan Google Safe Search.

Kesimpulannya, metode penyaringan yang disediakan Kiddle terdiri atas tiga lapis. Mereka adalah Mesin (Google Safe Search), tim editor Kiddle, dan partisipasi para orang tua (menambah daftar kata kunci dan situs yang ingin diblokir).

(brl/red)