Kiddle tak beri akses info terkait LGBT, baguskah?

Kiddle tak beri akses info terkait LGBT, baguskah?

Techno.id - Lahirnya situs pencarian khusus anak-anak, Kiddle, belum lama ini diyakini dapat membawa angin segar bagi para orangtua. Sebab di era derasnya arus informasi seperti sekarang ini, tentu tak mudah untuk menjaga anak-anak dari beragam konten negatif. Fitur dari Kiddle pun diharapkan bisa menjadi salah satu pengaman.

Namun, ada hal yang mengganjal soal bagaimana Kiddle berusaha mengamankan netizen mudanya. Situs yang beralamat di www.kiddle.co itu memasukkan keyword 'lesbian', 'gay', 'bisexual', dan 'transgender' ke daftar blokir.

Terbukti, begitu ada yang mencoba menelusuri kata-kata tersebut di Kiddle, maka akan muncul pemberitahuan yang artinya, "Mohon disadari kalau Kiddle tidak menentang kaum LGBT, tetapi sulit untuk menjamin keamanan hasil pencarian dengan kata yang Anda minta."

Kiddle tak beri akses info terkait LGBT, baguskah?

Kiddle memblokir keyword LGBT
2016 Techno.id/Kiddle

Sikap Kiddle ini pun ditanggapi dengan keras oleh Stonewall, organisasi sosial yang memperjuangkan kesamaan hak kaum LGBT di Inggris. Menurut seorang juru bicaranya, Kiddle tak seharusnya bersikap demikian karena netizen muda kerap memanfaatkan internet untuk mencari tahu tentang isu LGBT. Pemblokiran ini malah bisa berbahaya karena mereka bukan tidak mungkin bakal mencari informasi dari pihak lain yang tak bertanggung jawab dan kevalidannya masih dipertanyakan.

Di sisi lain, Kiddle merasa apa yang sudah dilakukannya ini benar. Pasalnya, konten LGBT terlampau luas sehingga memblokir keyword-nya langsung adalah langkah pengamanan yang tepat.

Kepada BBC.com (01/03/16), mereka mengungkapkan, "Kebanyakan situs LGBT memiliki forum dan user generated content. Bahkan sebuah gambar avatar pria bertelanjang dada di situs tersebut cukup membuat banyak orangtua ketakutan."

Kiddle mengaku turut memblokir keyword yang berhubungan dengan edukasi seks. Alasannya, kebanyakan ilustrasi soal konten itu terlalu menjurus. "Apa yang wajar untuk anak umur 12 tahun tak sepenuhnya wajar bagi si 5 tahun," imbuh pihak Kiddle.

(brl/red)