Tiba-tiba, Kiddle buka akses untuk keyword LGBT

Tiba-tiba, Kiddle buka akses untuk keyword LGBT

Techno.id - Dalam beberapa hari terakhir, Kiddle menjadi buah bibir netizen sedunia. Search engine Kiddle hadir dengan fitur perlindungan khusus bagi si kecil dari konten negatif yang bertebaran di internet. Namun apa yang sudah dilakukannya dinilai terlalu mengekang.

Sebelumnya, Kiddle diketahui memblokir akses info terkait LGBT. Ketika user memasukkan keyword semacam 'lesbian', 'gay', 'bisexual', atau 'transgender', Kiddle tak akan memunculkan hasil pencarian. Sebab, mereka mengaku tak bisa menjamin keamanan link yang tersaji.

Akan tetapi sore ini (02/03/16), Kiddle telah mencabut kata kunci itu dari daftar blokirnya. Mesin pencarian yang beralamat di www.kiddle.co itu sudah bisa memaparkan tautan yang berkaitan dengan keyword di atas, baik untuk kategori Web, Images, News, maupun Videos.

Tiba-tiba, Kiddle buka akses untuk keyword LGBT

Hasil pencarian 'gay' di Kiddle
2016 Kiddle/techno.id

Redaksi Techno.id mencoba menelusuri lebih lanjut hasil pencarian keyword 'gay' di Kiddle. Kini, user bahkan bisa menemukan video tentang sejarah singkat pernikahan sesama jenis di hasil teratas kategori Videos. Sementara di pencarian gambar, hasil didominasi oleh foto dan karya tokoh yang memiliki nama 'Gay' beserta pesawat pengebom di Perang Dunia II bernama Enola Gay.

Tiba-tiba, Kiddle buka akses untuk keyword LGBT

Hasil penelusuran 'gay' di Kiddle
2016 Kiddle/techno.id

Seperti yang sudah diberitakan, Stonewall, organisasi sosial yang memperjuangkan kesamaan hak kaum LGBT di Inggris, memprotes pemblokiran dari Kiddle. Menurut seorang juru bicaranya, Kiddle tak seharusnya memblokir keyword LGBT karena netizen muda kerap memanfaatkan internet untuk mencari tahu tentang isu LGBT.

(brl/red)