Diakui sebagai penguasa vendor PC dunia saat ini, Lenovo tak puas

Diakui sebagai penguasa vendor PC dunia saat ini, Lenovo tak puas

Techno.id - Tren penjualan PC secara global sekarang memang sedang dan kian menurun. Namun di sisi lain, ada hal baik juga yang ditemukan dari fakta yang kurang menyenangkan ini. Ya, dua lembaga riset independen terkemuka, International Data Corporation (IDC) dan Gartner sama-sama mengakui Lenovo sebagai penguasa vendor PC dunia saat ini.

IDC merilis bahwa dari penjualan PC pada kuartal ketiga 2015 ini yang mencapai 71 juta unit, Lenovo adalah produsen teratas, dengan market share 21 persen dan sukses menjual 14,9 juta unit PC. Sementara Gartner mengatakan dalam tiga bulan terakhir, Lenovo memiliki porsi penjualan sebanyak 14,9 juta unit dari total 73,7 juta. Tak berbeda dengan IDC, menurut Gartner, pangsa pasar Lenovo mencapai 20,3 persen.

Namun nyatanya, hasil ini tak membuat Lenovo bangga.

"Meski memiliki 21 persen share di pasar PC dunia adalah prestasi yang baik, kami tak puas," papar Gianfranco Lanci, President and Chief Operating Officer Lenovo.

Di samping tetap berusaha menghadirkan produk dan teknologi terbaik, Gianfranco juga optimistis dengan kehadiran Windows 10. Menurutnya, rilisnya OS terbaru Microsoft itu bisa memantik minat konsumen untuk membeli PC baru.

"Kami sudah melihat apresiasi yang tinggi pada Windows 10 dari para konsumen, dan kami percaya tren itu akan berlanjut dan bisa membantu permintaan permintaan jangka panjang untuk PC baru," imbuhnya, seperti dikutip dari rilis pers Lenovo (09/10/15).

(brl/red)