CONNECT WITH US
Denny Mahardy |
 15 September 2015 20:00

Rupiah masih tertekan Dolar AS, Lenovo naikkan harga

Perusahaan ini mengaku sudah melakukan penyesuaian harga di produk yang telah disediakannya di pasar.

Rupiah masih tertekan Dolar AS, Lenovo naikkan harga

Techno.id - Melonjaknya harga nilai tukar dolar Amerika Serikat terhadap rupiah lambat laun mempengaruhi industri yang berlangsung di Indonesia. Alhasil, tak sedikit perusahaan yang kemudian mengambil kebijakan menyesuaikan harga demi menyelamatkan diri dari dampak negatif kenaikkan harga dolar Amerika Serikat.

Lenovo salah satunya. Perusahaan ini mengaku sudah melakukan penyesuaian harga di produk yang telah disediakannya di pasar. Langkah ini terpaksa dilakukan perusahaan setelah melakukan pertimbangan dan memantau kondisi ekonomi yang sedang terjadi di Indonesia.

“Kita akhirnya lakukan penyesuaian harga di produk yang dikeluarkan perusahaan karena dampak tingginya dolar Amerika Serikat. Kenaikkan kita pilih di rentang 5-10 persen,” papar Adrie R. Suhardi selaku Country Lead of Smartphone Division Lenovo Indonesia.

Adrie memaparkan kebijakan menyesuaikan harga diambil perusahaan karena saat ini Lenovo masih menggunakan dolar AS sebagai alat pembayaran komponen dan kebutuhan produksi perangkatnya. Perusahaan ini memang masih melakukan import atas produk-produk yang diluncurkan ke Indonesia.

“Perhitungan yang kita lakukan sewaktu menetapkan harga produk ketika peluncuran pakai nilai tukar rupiah yang lama, karena nilainya berbeda sudah cukup tinggi maka kami putuskan untuk lakukan penyesuaian. Produk yang kita sesuaikan di produk-produk tertentu, salah satunya A6000,” tambah Adrie.

Lenovo baru saja meluncurkan seri A7000 special edition yang dipersenjatai prosesor MediaTek 4G LTE CPU octa-core 64-bit berkecepatan 1,7 Ghz sebagai pengisi dapur pacunya yang dipadukan GPU 16 core ARM MALI-T760 dan RAM DDR3 2 GB untuk menunjang kinerja berat serta dua slot SIM-card. Ponsel pintar ini memakai layar 5,5 inci beresolusi Full HD dan dibanderol Rp 2,399 juta. Di sisi penyimpanan internal, reinkarnasi A7000 ini punya ruang 16 GB dan slot kartu MicroSD yang bisa diperluas sampai 32 GB. Soal kamera, ponsel ini dilengkapi kamera utama 13 MP di bagian belakangnya.

WHAT TO READ NEXT ?