Google: Security Questions aman? Aman dari mana?

Google: Security Questions aman? Aman dari mana?

Techno.id - "What is your favorite food? What was your first pets name?"

Familiar dengan pernyataan di atas? Ya, itulah cuplikan pertanyaan yang berfungsi untuk mengamankan akun pribadi di dunia maya, misalnya saat membuat email. Nah, baru-baru ini, Google mengungkap bahwa sistem pengamanan itu ternyata mudah ditembus.

Penelusuran Google ini dipublikasikan di GoogleOnlineSecurity.blogspot.com (21/05/15). Di sana, tertulis jika para hacker mempunyai peluang yang besar untuk melewati rintangan Security Questions itu.

Tengok saja pertanyaan seperti "What is your favorite food?". Persentase keberhasilan hacker untuk menjawab pertanyaan itu dalam sekali tebak faktanya cukup tinggi, yakni 19,7 persen, dengan pizza sebagai jawabannya. Sementara itu, jika ada seorang user berkebangsaan Korea yang memasang pertanyaan"What is your city of birth?", hacker bisa membobolnyadalam 10 kali percobaan dengan tingkat keberhasilan mencapai 39 persen.

Dengan adanya temuan ini, rasanya para penjelajah dunia maya serta pengelola situs perlu melakukan introspeksi. Google pun menyarankan supaya semua pihak yang terlibat untuk lebih waspada, sembari mempersiapkan gerbang perlindungan baru yang lebih kuat.

(brl/red)