"Pertumbuhan pasar e-commerce Indonesia terbesar di kawasan ASEAN"

"Pertumbuhan pasar e-commerce Indonesia terbesar di kawasan ASEAN"

Techno.id - Berbicara masalah proyeksi e-commerce, Indonesia ternyata memainkan peran yang sangat vital di ladang tersebut. Bahkan, faktanya, laju sektor e-commerce Indonesia lebih maju ketimbang negara-negara tetangga.

"Menurut data yang dikeluarkan badan riset ICD, Indonesia mencatat pertumbuhan pasar e-commerce terbesar sepanjang tahun 2012 hingga 2015 hingga 42% dibandingkan dengan beberapa negara tetangga di kawasan Asia Tenggara, seperti Filipina (28%), Thailand (22%) dan Malaysia (14%)," terang Lily Suriani, Vice President Marketing dan Business Development Berrybenka.com, seperti dikutip dari rilis pers Telkomsel (20/05/15).

Lebih lanjut, Lily juga tak menampik bahwa tren ini tak akan selamanya positif. Oleh sebab itu, pihak-pihak yang terlibat harus terus mempengaruhi pasar dan konsumen. Ia pun mengapresiasi langkah Telkomsel yang menggalang program seperti Pesta Diskon Online.

"Namun hal ini perlu terus dibarengi dengan beragam edukasi dan penetrasi pasar," pesannya.

Melihat masa depan e-commerce yang cerah ini, pemerintah tak lantas lepas tangan. Kemkominfo telah menyatakan siap mendukung perkembangan e-commerce di Indonesia, salah satunya dengan menyiapkan road map serta menggandeng instansi lain seperti Dirjen Bea Cukai dan Pajak.

(brl/red)