Cara yang benar untuk bersihkan smartphone Anda

Cara yang benar untuk bersihkan smartphone Anda

Techno.id - Ada berbagai cara dan tahap untuk membersihkan sebuah perangkat elektronik. Namun, tidak semua cara menawarkan keamanan untuk sebuah perangkat yang Anda bersihkan.

Apalagi sebuah smartphone, alih-alih ingin membersihkan smartphone, dengan cara yang salah Anda bisa saja merusaknya. Maka dari itu, berikut tips membersihkan smartphone dengan benar, seperti yang dilansir oleh Wonderhowto.com.

Untuk membersihkan layar pada smartphone Anda, jangan sesekali mencoba untuk menggunakan bahan yang memiliki kandungan detergen ataupun alkohol.

Cara yang benar untuk bersihkan smartphone Anda

Pasalnya, pada layar smartphone Anda mengandung lapisan oleophobic yang berfungsi untuk merespon sidik jari. Bahan pembersih yang mengandung detergen dan alkohol jika digunakan untuk membersihkan layar smartphone akan membuat lapisan tersebut terkikis dan terhapus. Tentu saja ini akan merusak fungsinya.

Maka dari itu, untuk membersihkan smartphone, Anda bisa menggunakan air saja. Hal ini berlaku juga untuk membersihkan body smartphone dengan bahan logam, karena jika Anda menggunakan bahan detergen dan alkohol maka body smartphone yang terbuat dari logam bisa rusak karena korosi.

Cara yang benar untuk bersihkan smartphone Anda

Dengan menggunakan air, Anda bisa membasahi sedikit kain micro fiber yang bisa Anda beli di toko-toko elektronik. Kemudian usapkan kain tersebut pada layar dan body smartphone Anda. Bahan micro fiber sangat direkomendasikan untuk Anda gunakan. Kebanyakan orang menggunakan tisu untuk membersihkan layar smartphone, padahal tisu yang dibasahi air juga memiliki kandungan yang dikatakan bisa mengikis dan menghapus lapisan oleophobic pada layar smartphone. Sebaiknya, Anda tidak menggunakan tisu untuk membersihkan layar smartphone Anda.

Cara yang benar untuk bersihkan smartphone Anda

Kemudian untuk membersihkan speaker dan mikrofon pada perangkat, jangan sesekali menggunakan tusuk gigi ataupun benda kecil yang tajam untuk mencongkel debu yang tertinggal. Hal ini bisa saja merusak dan menyentuh komponen yang ada pada speaker dan mikrofon perangkat Anda.

Untuk itu, Anda bisa meniup atau menyemprot celah-celah speaker dan mikrofon menggunakan udara kaleng yang bisa Anda beli di swalayan. Teknik menyemprotnya pun harus dengan sudut yang miring, jangan langsung menyemprotnya sejajar karena debu yang melekat bisa masuk ke dalam komponen speaker dan mikrofon perangkat Anda.

Setelah melewati tahap seperti yang disebutkan di atas, Anda bisa membersihkan jack headphone dan port lain seperti port USB serta port untuk pengisian daya. Untuk membersihkan port tersebut gunakanlah dempul antibiotik yang dirancang khusus untuk elektronik yang biasa disebut Cyber Clean.

Cara yang benar untuk bersihkan smartphone Anda

Dengan Cyber Clean, Anda cukup mengusap port yang ada pada perangkat Anda dengan lembut menggunakan bahan tersebut. Kemudian saat menyentuh port yang ingin Anda bersihkan, tekan agak keras Cyber Clean tadi, dengan begitu debu-debu dan kotoran yang ada pada port tersebut akan menempel pada bahan Cyber Clean.

Nah, cukup mudah bukan? Anda bisa mencoba tips ini di rumah. Namun, pastikan alat-alat Anda sediakan seperti yang tertulis di atas.

Lebih jelasnya, Anda juga bisa memutar video di bawah ini:


(brl/red)