Tips dari Apple dalam memperpanjang usia baterai

Tips dari Apple dalam memperpanjang usia baterai

Techno.id - Baterai juga memiliki nyawa layaknya manusia. Kemampuan baterai dalam menyimpan daya akan berkurang dari waktu ke waktu. Semakin sering Anda melakukan pengisian daya, maka semakin menurun kemampuan baterai Anda. Apalagi jika Anda sering mengisi ulang baterai ketika baterai belum benar-benar habis.

Apple tak ingin kejadian semacam ini menimpa produknya. Apple juga tak ingin penggunanya mengalami masalah dengan baterainya. Oleh karena itu, Apple memberikan tips untuk memperpanjang usia baterai. Berikut beberapa tips dari Apple dalam memperpanjang usia baterai yang dilansir oleh WonderHowTo.

  1. Tidak melakukan pengisian daya saat Anda menggunakan perangkat tersebut.
  2. Memperbarui sistem operasi karena biasanya dalam pembaruan sistem operasi terdapat fitur untuk menghemat energi.
  3. Menjauhkan perangkat dari suhu yang ekstrem. Suhu ideal dari perangkat Apple adalah 16 sampai 22 derajat Celcius.
  4. Melepas casing tambahan atau pengaman saat melakukan pengisian daya. Pasalnya, beberapa model casing tertentu dapat membuat perangkat cepat panas dan berdampak buruk pada baterai.
  5. Jika Anda sudah menggunakan iOS 9, pastikan Anda menggunakan fitur Low Power untuk mendapatkan tambahan daya hingga 3 jam lebih setiap hari.
  6. Ketika perangkat tidak dipakai dalam waktu yang lama, usahakan menyisakan kapasitas baterai sebesar 50 persen. Jika Anda menyimpan perangkat dalam keadaan baterai kosong, maka Anda tidak akan dapat mengisi ulang baterai tersebut. Apabila baterai diisi penuh kemudian tidak dipakai, maka kapasitas baterai akan berkurang dengan sendirinya dan dapat mengurangi usia baterai.

Nah, itu tadi enam tips dari Apple untuk memperpanjang usia baterai perangkat Anda. Semoga bermanfaat.

(brl/red)