Cara mudah potong kartu microSIM ke nanoSIM

Cara mudah potong kartu microSIM ke nanoSIM

Techno.id - Sekarang, banyak dijumpai smartphone baru dengan kartu microSIM. Hal ini mungkin karena dampak perampingan desain ponsel yang berujung pada pemangkasan ukuran kartu SIM. Bahkan, beberapa ponsel baru ada yang sudah memakai kartu SIM berukuran nano.

Para konsumen yang tadinya memakai miniSIM atau standar kartu SIM mau tidak mau juga harus memotong kartu mereka. Nah, agar tak repot pergi ke counter ponsel hanya untuk memotong kartu SIM, Techno.id memberikan tips mudah memotong kartu dari mulai kartu miniSIM hingga nanoSIM. Bahkan, Anda dapat melakukannya di rumah dan hanya berbekal sebuah pensil, gunting, dan penggaris.

Seperti yang telah diberitahukan oleh Tech-Recipes, terlebih dulu Anda harus menyiapkan pensil, gunting, dan penggaris. Jangan lupa, Anda juga harus mengunduh template ukuran dari kartu SIM dan harus dicetak ke dalam kertas ukuran A4. Setelah semuanya sudah terpenuhi, Anda bisa mengikuti tutorial memotong kartu SIM berikut.

  1. Letakkan kartu miniSIM Anda sesuai gambar pada template
  2. Kemudian, tarik garis vertikal dan horisontal pada kartu SIM untuk dipotong ke ukuran microSIM
  3. Lalu, potong kartu SIM ke ukuran microSIM sesuai garis yang telah digambar tadi
  4. Setelah terbentuk ukuran kartu microSIM, silakan Anda lanjutkan ke ukuran nanoSIM sesuai garis pada template
  5. Untuk ukuran nanoSIM Anda harus berhati-hati karena bila material tembaganya terpotong, kartu SIM Anda tak bisa digunakan dan harus ditukar ke kartu yang baru.

Demikian tutorial memotong kartu SIM dari mulai miniSIM hingga terbentuk nanoSIM. Namun sekali lagi, Anda harus berhati-hati dalam melakukan pemotongan kartu SIM. Bila ada kerusakan pada kartu Anda, semua risiko dibebankan pada Anda sendiri.

(brl/red)