Cara mencetak halaman web menjadi PDF

Cara mencetak halaman web menjadi PDF

Techno.id - Tugas membuat artikel mungkin sangat mudah untuk dikerjakan. Terlebih, sumber-sumber artikel di internet juga sudah banyak bertebaran. Namun, untuk menyadur artikel tersebut biasanya membutuhkan sumber yang akurat, seperti menyertakan link sumber aslinya.

Hal ini terkadang menjadi kendala tersendiri karena menyimpan halaman web ke dalam format tertentu seperti PDF akan sedikit menyulitkan. Nah, di sini Techno.id akan membantu Anda menunjukkan bagaimana cara mencetak halaman web secara utuh (beserta hyperlink) ke dalam bentuk PDF.

Mencetak ke dalam bentuk PDF memang dirasa cukup merepotkan apalagi bila mencetaknya secara utuh. Pasalnya, kebanyakan browser hanya mencetak teksnya saja. Namun, Anda tak perlu khawatir karena jika Anda menggunakan fitur print PDF di browser Safari OS X maka Anda dapat menyalin penulisannya secara utuh beserta hyperlink pada teks tersebut. Bagaimana caranya?

  1. Buka halaman web melalui browser Safari.
  2. Klik kanan kemudian pilih Print.
  3. Pada pilihan print, simpan file tadi sebagai PDF.

Cara seperti ini sebenarnya juga dapat diterapkan pada browser Google Chrome dan Firefox. Sayangnya, hyperlink yang ditampilkan dari cetak digitalnya nanti tidak bisa dibuka. Namun, Anda dapat mengakalinya dengan menambahkan ekstensi khusus PDF yang bernama Print Friendly & PDF (ekstensi ini juga tersedia di Safari). Dengan ekstensi tersebut, hyperlink akan tetap aktif dan bisa langsung terhubung pada link yang bersangkutan, seperti yang dilaporkan oleh MacWorld.

(brl/red)