Pakai Epichrome bisa ubah situs menjadi aplikasi di perangkat Mac

Pakai Epichrome bisa ubah situs menjadi aplikasi di perangkat Mac

Techno.id - Bagi sebagian besar orang, mengakses email, Facebook, atau mencari suatu informasi melalui fitur pencarian Google lebih nyaman dilakukan tak dalam satu tampilan yang terbagi dalam beberapa window seperti pada kebanyakan web browser, melainkan berdiri sendiri seperti saat mengaksesnya melalui aplikasi mobile. Nah, cara terbaik untuk mengatasi masalah tersebut tentunya adalah dengan mengubah situs yang Anda maksud seperti GMail menjadi sebuah aplikasi sendiri.

Untuk melakukan cara ini Anda memerlukan ekstensi khusus yang biasanya bisa didapatkan melalui toko aplikasi web browser secara gratis. Namun, seperti diketahui tak semua web browser menyediakan ekstensi secara gratis, termasuk Safari, browser resmi untuk perangkat Apple.

Nah, bagaimana jika Anda ingin melakukan proses mengubah situs menjadi aplikasi jika Anda menggunakan Mac yang notabene menggunakan Safari sebagai browser defaultnya? Jawabannya adalah dengan menginstal web browser Chrome dan menginstal layanan pihak ketiga, Epichrome yang dapat mengubah beberapa situs menjadi aplikasi sehingga memudahkan Anda mengakses situs kapan saja tanpa perlu repot membukanya melalui browser satu per satu.

Seperti dikutip dari MakeTechEasier (20/10/15), jika Anda telah menginstal Chrome sebagai web browser di perangkat Mac Anda, maka selanjutnya pastikan untuk mendownload Epichrome melalui link ini.

Setelah Epichrome terinstal, maka akan muncul pop-up seperti di bawah ini. Nah, yang perlu Anda lakukan adalah masukkan nama situs yang ingin Anda jadikan aplikasi ke kolom pop-up. Dalam contoh ini, situs GMail-lah yang akan diubah menjadi bentuk aplikasi.

Pakai Epichrome bisa ubah situs menjadi aplikasi di perangkat Mac

Setelah memasukkan nama situs yang hendak diubah, klik Ok maka secara otomatis akan muncul pop-up seperti di bawah ini. Di pop-up ini Anda bisa memilih warna tags seperti lokasi untuk menyimpan file.

Pakai Epichrome bisa ubah situs menjadi aplikasi di perangkat Mac

(brl/red)