Kalau Steve Jobs masih hidup, ia pasti akan bela Apple mati-matian

Kalau Steve Jobs masih hidup, ia pasti akan bela Apple mati-matian

Techno.id - Belakangan ini, tak sedikit yang mencap Apple sebagai 'pemberontak' karena menolak memberi akses backdoor untuk FBI. Tim Cook, sang CEO, pun sampai sejauh ini tetap mempertahankan sikap itu demi menjaga privasi anggota.

Sikap Cook itu mendapat apresiasi dari Steve Wozniak. Co-founder Apple itu mengatakan apa yang dilakukan Cook sekarang pasti tak bakal berbeda dengan Steve Jobs, pendahulunya.

"Saya rasa Steve [Jobs] juga akan memilih soal privasi," terang Wozniak pada CNBC (18/02/16).

Kalau Steve Jobs masih hidup, ia pasti akan bela Apple mati-matian

Steve Wozniak
2012 wikimedia.org/Nichollas Harrison/Nichollas Harrison

Awal mula polemik ini ialah ketika FBI menginvestigasi aksi terorisme di San Bernadino. Meyakini banyak informasi yang tersimpan di iPhone pelaku, badan investigasi elite itu pun ingin Apple membukakan akses backdoor lewat versi iOS yang bisa membantu mereka meng-unlock iPhone tersebut. Cook lalu menegaskan software seperti itu tidak ada dan kalau diciptakan bisa berdampak buruk di tangan yang salah.

Kendati tak mendapat dukungan 'langsung' dari Steve Jobs, sejumlah petinggi perusahaan teknologi mengapresiasi dan membenarkan sikap CEO Apple itu. Sundar Pichai (Google), Jack Dorsey (Twitter), Jan Koum (WhatsApp), hingga Edward Snowden ada di belakang Cook.

"Saya rasa ponsel tidak perlu punya backdoor," bela Wozniak lagi.

(brl/red)