CONNECT WITH US
Indra Zakaria |
 28 Januari 2016 10:32

Hari ini, Google buat doodle spesial untuk penemu antena radio dan TV

Berkat jasanya, misteri bagaimana cara menghantar gelombang ultra pendek pun dapat dipecahkan.

Hari ini, Google buat doodle spesial untuk penemu antena radio dan TV

Techno.id - Tahukah Anda, siapa tokoh yang kini menjadi doodle di laman utama pencarian Google? Dia adalah Hidetsugu Yagi, seorang ilmuwan listrik asal Jepang penemu desain antena yang hingga kini banyak digunakan untuk keperluan rumah tangga.

Perlu diketahui, desain antena tersebut sebenarnya merupakan salah satu mahakarya Yagi di bidang komunikasi nirkabel. Ya, desain antena yang dikenal dengan julukan antena Yagi ini sebenarnya berawal dari artikel penelitian yang berjudul Generation of Short Wavelength Waves dan Measuring Specifi Wavelength with Short Wavelengths. Dari desain inilah akhirnya pria yang meninggal pada 19 Januari 1976 itu berhasil menciptakan antena dengan bentuk khas tersebut.

Menariknya, peneliti dan pengajar di Universitas Tohoku ini sebenarnya tak sendirian merancang teknologi antena yang memungkinkan komunikasi terarah menggunakan gelombang elektromagnetik tersebut. Menurut hasil penelusuran Techno.id, Yagi ternyata dibantu oleh rekannya sesama peneliti bernama Shintaro Uda untuk merancang desain antena yang dipatenkan pada sekitar tahun 1926 tersebut.

Nah, berkat jasa Yagi yang begitu besar Google pun hari ini membuatkan doodle spesial untuknya. Doodle ini dirilis bertepatan dengan hari ulang tahun Yagi yang jatuh pada hari ini, 28 Januari 130 tahun yang silam.

Well, selamat ulang tahun Yagi dan terima kasih atas jasa yang luar biasa hingga saat ini banyak rumah tangga yang bisa menikmati siaran televisi dan radio dengan nyaman.

 

WHAT TO READ NEXT ?