CONNECT WITH US
Erick |
 11 April 2016 16:00

Belanja di Jepang cuma berbekal sidik 2 jari saja

Sistem pembayaran terbaru ini adalah program pemerintah Jepang untuk memberikan kemudahan bagi para wisatawan yang datang berkunjung.

Belanja di Jepang cuma berbekal sidik 2 jari saja

Techno.id - Siap atau tidak, Anda tezlah memasuki era modern, di mana segala sesuatunya menjadi lebih mudah, termasuk melakukan pembayaran. Banyak media memberitakan Apple Pay, atau Samsung Pay, dan metode pembayaran lain yang bisa dilakukan menggunakan smart device.

Hal tersebut akan diberlakukan di Jepang dalam waktu dekat. Seperti yang telah diberitakan oleh Engadget pada hari Senin (11/04/16) lalu, jika suatu hari nanti Anda pergi melancong ke Jepang, Anda tak perlu bingung membawa Yen atau kartu kredit. Lalu bagaimana cara pembayarannya?

Dimulai pada musim panas nanti, pemerintah Jepang akan mulai menguji coba sistem pembayaran menggunakan 2 sidik jari Anda. Sistem pembayaran ini akan mulai digunakan pada tempat-tempat wisata seeprti hotel dan juga restoran, yang notabene adalah tempat berkumpulnya para wisatawan dari mancanegara.

Sebagai seorang turis, yang perlu dilakukan hanyalah mendaftarkan sidik jari Anda pada saat baru saja tiba di bandara. Setelah proses pendaftaran selesai, Anda bisa bebas berbelanja dengan hanya berbekal sidik jari saja.

Untuk sementara waktu, baru ada sekitar 300 daerah wisata yang mendukung layanan tersebut. Lokasinya pun belum tersebar di seantero Jepang, sementara hanya ada di Atami, Hakone, Kamakura, serta di Yugawara.

Namun program yang telah dicanangkan oleh pemerintah Jepang ini akan melebar hingga ke seluruh daerah di Jepang. Tujuannya tak lain adalah, karena pada tahun 2020 nanti, Tokyo akan jadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas. Itulah sebabnya, pemerintah Jepang akan memberikan kemudahan bagi para wisatawan yang datang berkunjung.

 

WHAT TO READ NEXT ?