Anda akan menemukan hal-hal unik ini di kantor Microsoft

Anda akan menemukan hal-hal unik ini di kantor Microsoft

Techno.id - Masyarakat awam mungkin saja menilai lingkungan kerja perusahaan teknologi macam Microsoft itu sangat kaku dan membosankan. Mereka pun bisa saja beranggapan bahwa setiap hari pegawai di Microsoft hanya berkutat dengan layar dan barang elektronik, tanpa kehidupan selain itu. Sayangnya, asumsi tersebut tidak sepenuhnya benar, karena ternyata banyak juga hal menarik yang terjadi di wilayah korporasi pesaing Apple itu.

1. Di sana, semua suka pizza
Ternyata ada sebuah rahasia menyangkut pola makan penghuni Microsoft, yaitu kegilaan mereka terhadap pizza. Ya, makanan yang lahir di Italia itu adalah menu favorit di perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates dan Paul Allen itu. Tercatat, dari puluhan kafetaria yang ada di lingkup kerja Microsoft, pizza selalu menjadi makanan terpopuler. Sebagai gambaran, ada sekitar 554 ribu potong pizza yang dikonsumsi oleh pegawai Microsoft setiap tahunnya.

Selain pizza, sandwich juga menjadi menu lain yang disukai di sana. Di sisi lain, teh memuncaki daftar minuman kesukaan keluarga besar Microsoft.

2. Awas, ada banyak kelinci berkeliaran!
Asal muasal penyebaran hewan lucu tersebut di lingkungan Microsoft sampai saat ini belum diketahui secara jelas. Namun, menurut keterangan Jolie O'Dell pada Mashable, ada kemungkinan bahwa populasi kelinci tersebut berasal dari kelici yang dibuang di sebuah bukit kecil di wilayah Microsoft. Meski beberapa tahun lalu para staf Microsoft sempat rutin mengebiri kelinci tersebut satu persatu, sampai sekarang mamalia mungil itu masih banyak berkeliaran dengan bebas di lahan milik Microsoft.

3. Setiap tahun, pegawai wajib mentraktir permen
Ada kebiasaan khusus yang berlaku di kalangan staf Microsoft. Softies, julukan orang-orang yang bekerja di bawah bendera Microsoft, lazimnya membagikan permen di peringatan hari pertamanya bekerja untuk Microsoft. Sayangnya, tidak semua permen layak untuk dibagi-bagikan dalam perayaan sederhana itu. Butiran permen cokelat berlabel M&Ms-lah yang disarankan.

Tentu, ada ketetapan tersendiri soal jumlah permen yang dibagikan, yakni sebanyak 0,5 kg. Namun, jumlah tersebut harus dikalikan dengan total tahun mereka mengabdi pada Microsoft. Mungkin, tradisi itu ingin menanamkan filosofi untuk tidak melupakan sesama meski karir terus melonjak.

4. Penggila seni bercita rasa tinggi
Walaupun berkutat di bidang teknologi, Microsoft tak lantas memutus hubungan dengan cabang kesenian. Di area kantor Microsoft, terdapat lebih dari 5.000 karya seni, mulai dari lukisan, patung, fotografi, keramik, sampai karya multimedia. Koleksi tersebut didapat dari seniman lokal, nasional, maupun nama-nama besar seperti Cindy Sherman, Chuck Close, dan Takashi Murakami.

Pengadaan karya seni dalam porsi yang sangat besar itu bukan tanpa tujuan. Microsoft sangat percaya jika menempatkan barang berestetika di tempat kerja dapat mengurangi stres, meningkatkan produktivitas, dan mendorong orang untuk berdiskusi sekaligus beropini.

Setelah mengetahui beberapa keunikan yang ada dan berkembang di kawasan Microsoft, apakah menurut Anda Microsoft memiliki lingkungan kerja yang menyenangkan?

(brl/red)