Alcatel akan rajai Indonesia via online pakai strategi Apple

Alcatel akan rajai Indonesia via online pakai strategi Apple

Techno.id - Nama Alcatel OneTouch mungkin belum begitu familiar dibanding Samsung, Sony atau pun iPhone di Indonesia. Namun begitu, perusahaan asal Hong Kong itu mengaku optimis bakalan segera jadi nomor satu di pasar Indonesia yang sedang dijajalnya.

Lucunya, optimisme Alcatel seakan tak diimbangi dengan langkah konkret yang mumpuni. Misalnya dari metode penjualan perusahaan ini hanya akan menjual produknya di jalur online melalui kerja sama dengan pemain belanja online yang dianggapnya kuat, Lazada Indonesia.

Jalur online dianggapnya bakalan memberikan hasil yang lebih efektif daripada metode konvensional dalam meraih pasar di Indonesia. Terlebih kondisi geografis Indonesia yang berkepulauan disebutkan Alcatel lebih mudah diakses menggunakan metode online ketimbang penjualan konvensional.

Pengguna internet Indonesia sudah mulai matang dalam melakukan belanja online. Ini memudahkan kita menjangkau pasar smartphone yang ada di pelosok, terlebih Lazada sudah terbukti mampu menghadirkan jaringan distribusi ke pelosok Indonesia, ini akan kita manfaatkan secara optimal, papar Yogi Babria, E-Commerece Operations Director Alcatel OneTouch.

Tak hanya penjualan, Eko Susanto selaku Country Marketing Manager Indonesia Alcatel OneTouch memaparkan perusahaannya juga akan melakukan layanan purnajual secara online supaya pengguna produknya bisa lebih mudah mengakses mereka.

Kita sediakan pick-up point di banyak titik. Pengguna bisa dapat informasinya langsung via Twitter. Jalur offline kita sediakan juga lewat jalur service center, ungkap Eko sewaktu ditemui tim Techno.id selepas acara peluncuran produk teranyarnya di Plaza Senayan, Jakarta.

Sistem layanan purnajual secara online ini disebutkan untuk pertama kalinya dijalankan Alcatel di Indonesia. Pihak perusahaan memaparkan akan segera menerapkan sistem purnajual serupa di negara-negara lain, di mulai dari negara-negara di Asia.

Soal ekspansi pasar lewat produk, Alcatel mengaku optimis bisa meraih menggaet pengguna dari Indonesia dalam jumlah yang besar meski pun hanya lewat satu produk. Kebijakan memakai lini produk minim memang diterapkan Alcatel di ranah pasar smartphone Indonesia.

Kita gak mau pakai banyak lini produk, nanti pasar jadi bingung. Alcatel cukup sediakan satu produk saja akhir tahun ini, Flash 2. Apple juga hanya pakai satu atau dua produk iPhone dalam setahun, tapi sukses kan? Alcatel pun bisa seperti itu, aku Yogi.

Alcatel akan rajai Indonesia via online pakai strategi Apple

(brl/red)