9 domain terbatas ini dilelang

9 domain terbatas ini dilelang

Techno.id - Dilansir oleh Merdeka.com (08/08/15), dikabarkan pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI), baru saja selesai melelang nama domain terbatas. Sembilan nama domain yang dilelang yakni 123.id, 360.id, ebox.id, golf.id, jet.id, luc.id, mlm.id, plus.id dan rfid.id.

Dari sembilan nama domain itu, kabarnya ada yang dibanderol dengan harga Rp 50 juta. Nama domain yang dilelang hingga mencapai angka itu adalah jet.id. Karena hanya ada tiga pendaftar yang berminat terhadap domain tersebut.

"Karena peminatnya ada tiga pendaftar, maka dilakukan lelang, dan penawar tertinggi yang akan menang," ujar Ketua Umum PANDI, Andi Budimansyah dikutip dari Merdeka.com (08/08/15).

Sebelumnya, lelang domain jet.id itu dikabarkan dibuka dengan harga awal yaitu Rp 12 juta dan pembeli mendaftarkan diri melalui Indoreg.co.id. Proses lelang itu pun terus berlanjut hingga dua minggu lamanya. Melalui proses lelang tersebut, harga tender itu berakhir di angka Rp 50 juta.

Lebih detail, Andi menjelaskan bahwa pada periode 29 Juni hingga 31 Juli 2015, terdaftar 69 domain terbatas. Dari 69 tersebut, 60 domain tidak dilelang dan sembilan domain dilelang.

"Dari 60 yang tidak lelang, 48 domain sudah menyelesaikan masalah administrasi, 12 sisanya belum menyelesaikan," ujar Andi. Jadi, sejak awal sampai saat ini, kata Andi, ada 835 nama domain yang 2-4 digit domain terbatas.

(brl/red)