Situs yang Anda akses ternyata mempengaruhi konsumsi daya gadget, lho!

Situs yang Anda akses ternyata mempengaruhi konsumsi daya gadget, lho!

Techno.id - Mayoritas netizen mungkin belum mengetahui bahwa situs yang mereka buka ternyata dapat berdampak langsung pada kinerja gadget. Dampaknya, semakin berat kerja gadget tersebut, konsumsi dayanya jelas bakal lebih boros.

Temuan itu berangkat dari analisis yang dilakukan Santeri Paavolainen baru-baru ini. Dikutip dari TheRegister.co.uk (24/07/15), developer software asal Finlandia itu telah memeriksa sejumlah website ternama, di antaranya Forbes, The Guardian, The New York Times, New Scientist, Google, serta Youtube.

Hasilnya, di antara 12 situs yang ia jadikan sampel, NewScientist.com terpilih sebagai situs yang paling efisien dan tidak memberatkan gadget. Sementara NewYorkTimes.com terbukti memberatkan kinerja browser dan memboroskan daya yang ada.

Dalam melakukan analisis ini, Santeri menggunakan meteran arus listrik dan Retina Macbook Pro 2013 dengan brightness 50 persen plus aplikasi Flash yang dinonaktifkan. Ia menggunakan indikator konsumsi daya laptop kurang dari 10,7W sebagai kategori rendah, di bawah 20W sebagai sedang, dan di atas 48W sebagai kategori terboros.

Memang, analisis lebih dalam perlu dilakukan untuk memperkuat temuan ini. Namun Santeri merasa temuan ini cukup valid. Sebelumnya, ia berhipotesis kalau situs video seperti Youtube ialah yang paling boros, tetapi faktanya tidak demikian.

(brl/red)