5 Skill yang bisa mengangkat derajat pekerja teknologi

5 Skill yang bisa mengangkat derajat pekerja teknologi

Techno.id - Anda tentu tak bisa memungkiri bahwa industri teknologi dan informasi sudah banyak diisi oleh orang-orang yang kompeten. Alhasil, persaingan untuk mendapatkan pekerjaan di bidang ini menjadi semakin sengit. Untuk itu, Anda perlu mempersiapkan diri agar bisa "survive" di bidang yang Anda cintai ini. Caranya ialah dengan menguasai beberapa atau seluruh kemampuan yang tercatat berikut:

1. Talenta di bidang musik
Sejak era 80-an, sudah banyak studi yang membuktikan hubungan positif antara musik dan bidang pekerjaan lain, termasuk di teknologi itu sendiri. Ditambah lagi, musik punya korelasi yang dekat dengan cabang teknologi, utamanya programming. Pasalnya, kedua hal tersebut sama-sama membutuhkan kematangan logika dan kemampuan berpikir secara matematis.

2. Jago bernegosiasi
Sebagai seorang profesional di industri teknologi, bersinggungan dengan banyak orang, baik dari perusahaan sendiri atau klien, sudah menjadi hal yang sangat lazim. Era ketika pekerja teknologi hanya menerima perintah dan mengerjakannya sudah berlalu. Sekarang, pekerja teknologi dituntut untuk lebih aktif dalam kesuksesan sebuah proyek atau membangun hubungan yang baik dengan pihak terkait. Oleh karena itu, kemampuan untuk bernegosiasi pun menjadi syarat yang cukup penting.

3. Kemampuan berbahasa yang baik
Diskusi atau presentasi juga menjadi rutinitas wajib para ahli di bidang teknologi. Untuk menunjang kegiatan penting itu, dibutuhkan kemampuan berbahasa yang di atas rata-rata, baik secara pasif maupun aktif.

Mengingat teknologi terus berkembang dan semakin universal, komunikasi yang akan dijalin oleh perusahaan teknologi pun tak akan terbatas pada wilayah atau negara tertentu saja. Akan semakin baik tentunya jika Anda menguasai Bahasa Inggris ataupun bahasa asing lainnya.

4. Pemahaman akan komputer mainframe
Meski di zaman sekarang teknologi canggih sudah bisa digenggam, beberapa perusahaan teknologi masih membutuhkan pengetahuan Anda tentang komputer mainframe. Pasalnya, komputer berukuran besar ini masih bisa diandalkan dalam hal pemrosesan data dengan cepat. Kemampuannya untuk melayani ratusan user dalam waktu yang bersamaan juga belum tergantikan. Tak heran jika komputer mainframe masih sering ditemukan di perusahaan atau badan riset, sensus, finansial, serta militer.

5. Kepercayaan diri dan ketenangan
Teknologi bukanlah industri yang diperuntukkan untuk orang-orang yang manja. Tekanan dari perusahaan dan publik jelas tak bisa dihindari. Bahkan, hal tersebut bisa berjalan secara konstan. Kalau perusahaan yang akan mempekerjakan Anda melihat adanya kepercayaan diri dan kestabilan emosi dalam diri Anda, besar kemungkinan Anda akan diterima di perusahaan tersebut.

Ya, itulah kelima kemampuan ekstra yang sebaiknya Anda miliki untuk menjadi pekerja di bidang teknologi dan informasi yang sukses. Harapannya, tips yang telah disadur dari TechRepublic (11/3/15) di atas dapat bermanfaat bagi kemajuan karir Anda.

(brl/red)