CONNECT WITH US
Indah Pertiwi |
 21 Desember 2015 20:45

4 Petisi online kemanusiaan ini mampu memberikan perubahan

Penyampaian aspirasi kini kian mudah dan tak membutuhkan birokrasi yang berbelit

4 Petisi online kemanusiaan ini mampu memberikan perubahan

Techno.id - Saat ini media sosial menjadi wadah dalam menyampaikan aspirasi dan mampu menyuarakan usulan tanpa birokrasi yang berbelit. Kepedulian terhadap sesama perlahan semakin gencar dan memberikan perubahan yang berpengaruh.

Adapun beberapa kepedulian kemanusiaan yang dirangkum oleh change.org sebagai wadah petisi online diantaranya:

1. Akses Obat Hepatitis C

Ayu Oktarini seorang ibu pengidap hepatitis C mengalami kesulitan dalam mengakses obat yang ketersediaannya belum ada di Indonesia. Dengan petisi yang dilakukan, ia berhasil membuat Kemenkes memasukkan obat Hepatitis C dengan efek samping rendah ke Indonesia.

Sebelumnya, jenis obat yang dibutuhkan dipatok dengan harga Rp 1 miliar dan hanya terdapat di Amerika. Hingga India, Mesir dan Pakistan berhasil memproduksi obat generik. Saat ini, obat Hepatitis C tersebut dijual di Indonesia dengan harga Rp 3,675 juta.

2. Jaminan Hari Tua

Petisi bermula saat Gilang Mahardika tak bisa mengambil dana pensiun saat berhenti kerja karena kebijakan baru. Dalam beberapa hari, petisi Gilang didukung oleh 111 ribu orang dan menjadi salah satu petisi terbesar. Petisi itu langsung direspon beberapa kali oleh Menaker Hanif Dakhiri dan kebijakan pun berubah.

3. Salim Kancil

Tragedi pembunuhan aktivis tambang Salim Kancil di daerah Jawa Timur mengulik perhatian netizen dengan berhasil mendapatkan 52.123 petisi. Petisi yang didapatkan dalam change.org diteruskan dalam situs kitabisa.com terkait beasiswa bagi anak Salim Kancil dan mendapatkan pendanaan sekitar Rp 40 juta.

4. Darurat Asap

Saat ini, Indonesia sudah kehilangan 50 persen hutan alam dan kejadian asap sudah terjadi selama 18 tahun. Sekitar 2,6 juta hektar hilang dan 500 ribu orang menderita infeksi saluran pernafasan akut. Kondisi darurat asap berhasil merebut perhatian netizen sebanyak 1.200 petisi dan menandakan betapa genting situasi saat itu.

WHAT TO READ NEXT ?