CONNECT WITH US
Indah Pertiwi |
 17 Maret 2016 20:00

Syarat wajib OTT lokal harus 100 persen Indonesia

ATSI sendiri telah menyatakan dukungan terhadap tiga OTT lokal terpilih agar bisa go nasional dan international.

Syarat wajib OTT lokal harus 100 persen Indonesia

Techno.id - Setelah melalui proses yang cukup panjang, Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI) telah memilih tiga Over The Top (OTT) lokal yaitu Qlue, Catfiz dan Sebangsa. Ongky Kurniawan mengatakan proses penyeleksian OTT lokal dibuka di tahun 2015 dengan pendaftaran selama sebulan dengan prasyarat memiliki konten lokal dan funding pun harus berasal dari dalam negeri.

"Dari total lima pendaftar, peserta harus mengikuti tahapan administrasi untuk memastikan keakuratan konten lokal dan dilanjutkan oleh proses interview guna mengetahui lebih lanjut visi dari masing-masing layanan. Brand-nya harus jelas dan harus sustainable," imbuh Ketua Panitia Seleksi OTT Nasional tersebut, di Graha Telkomsel, Kamis (17/3).

Sementara itu, Alexander Rusli, Ketua ATSI mengatakan, "ATSI telah berkomitmen akan memberikan dukungan yang sepadan kepada ketiga OTT agar mereka bisa lebih memasyarakat di Indonesia dan bahkan mengglobal. Semua anggota asosiasi sudah sepakat untuk itu, karena kami sadar benar bahwa program ini merupakan bagian dari upaya mengangkat citra bangsa sekaligus memotivasi masyarakat untuk mampu memanfaatkan secara maksimal kemajuan teknologi digital."

Alex berharap pemerintah bisa mendorong OTT nasional mendunia dalam kurun satu tahun ke depan.

Tak lupa, Ongky menambahkan dukungan untuk OTT nasional diperlukan untuk bersaing dengan OTT internasional. Tak ayal, tingkat awareness berperan penting untuk OTT nasional dan diharapkan operator memberi dukungan.

"Nanti dilihat apakah dukungan yang diberikan efektif atau bisa ditingkatkan. Kami harapkan ini menjadi langkah bagi ATSI untuk bisa berperan terhadap OTT nasional dan membuat OTT nasional bisa untuk berpartisipasi lebih lanjut lagi," pungkas Ongky.

WHAT TO READ NEXT ?