Seedstars World: Startup Indonesia miliki potensi tumbuh signifikan

Seedstars World: Startup Indonesia miliki potensi tumbuh signifikan

Techno.id - Seedstars World yang dikenal sebagai ajang kompetisi startup bergengsi dalam memperebutkan pendanaan investasi telah memilih 11 startup untuk berkompetisi di Seedstars World Jakarta. Perhelatan ini menjadi pemberhentian kelima dari rangkaian Tur Regional Asia 2015.

Sebelas startup terbaik yang berkesempatan untuk berkompetisi pada tahap terakhir untuk tingkat regional antara lain Kakatu, Komuter, Ovula, 100Integrity, Pikavia, ProSehat, Bus in Time, Flip, iGrow, MyInfoDiskon, dan Teman Jalan.

Kegiatan ini merupakan kali kedua Indonesia mendapatkan kesempatan mengikuti Seedstars World. Karen Mok, Asia Regional Manager Seedstars World mengungkapkan bahwa Indonesia memiliki potensi karena ekosistem enterpreneurship yang ada mengalami pertumbuhan pesat. Pihaknya melihat bibit baru startup mulai tumbuh secara signifikan.

Sementara itu, dibanding tahun sebelumnya Mok melihat startup Indonesia memiliki diferensiasi tersendiri untuk berusaha memecahkan masalah lokal khususnya di Jakarta. Startup Indonesia dinilai cenderung memilih pergerakan sosial yang biasa dialami dalam keseharian.

Terkait kriteria pemenang yang dicari, Seedstars menginginkan pemenang memiliki dua aspek yang diunggulkan dari sisi perencanaan investasi dan skalabilitas. Dari sisi investasi, Mok mengatakan bahwa Seedstars mencari kandidat startup yang sudah memiliki customer dan model bisnis sehingga nantinya bisa menghasilkan dari segi bisnis. Selain itu, skalabilitas juga menjadi poin penting agar startup memiliki pembeda dengan yang lain dan berpotensi untuk bisa terus berkembang.

Tahun ini, Seedstars World memperluas kompetisi di lebih dari 55 negara atau lebih banyak dibanding tahun sebelumnya yang hanya 36 negara. Nantinya, pemenang regional yang merupakan perwakilan dari berbagai negara akan diundang ke Swiss pada Maret 2016 untuk kembali berkompetisi memperebutkan hadiah investasi sebesar USD 500.000.

(brl/red)