Seedstars World, kesempatan emas startup Indonesia untuk mendunia

Seedstars World, kesempatan emas startup Indonesia untuk mendunia

Techno.id - Seedstars World yang dikenal sebagai kompetisi global bagi startup yang berada pada tahap awal di negara berkembang, kembali diadakan di Indonesia pada 13 September mendatang. Melanjutkan cita-cita untuk memberikan tempat dan menyorot entrepreneur dari negara berkembang, Seedstars World memperluas kompetisi di lebih dari 50 negara untuk tahun 2015 dengan 36 negara di tahun 2014. Peserta-peserta yang berpartisipasi dalam Seedstars World sebelumnya secara bersama-sama telah berhasil mengumpulkan $ 20 juta dan menumbuhkan lapangan pekerjaan untuk 360 lebih tenaga kerja di seluruh dunia.

Seedstars World tahun ini berfokus pada industri travel dan fintech (financial technology) dengan menciptakan jalur STARS bagi kedua bidang industri tersebut yang berjalan paralel menuju tahap akhir kompetisi global. Para pemenang regional dari industri tersebut akan berlomba untuk memenangkan hadiah investasi sebesar USD 500.000 sesuai jenis industri mereka. Semua pemenang regional dari acara lokal akan diundang ke Swiss di mana mereka akan kembali berkompetisi untuk tahap terakhir pada bulan Februari 2016 di Swiss. Seedstars World juga memperluas pengaruhnya dengan bekerja sama dengan rekan-rekan kunci untuk mengenal potensi startup sesuai dengan kriteria startup yang berbeda-beda. Dua tambahan hadiah sebesar USD 500.000 telah ditambahkan dengan adanya penambahan jalur untuk travel dan fintech tadi, dengan demikian total hadiah investasi yang ada pada Seedstars World adalah sebesar 1.5 juta dolar dan juga beragam hadiah lainnya.

Adapun kriteria startup untuk mengikuti kompetisi Seestars World Jakarta adalah startup yang berusia kurang dari 2 tahun sejak hari didirikan, memiliki investasi kurang dari USD 500.000 dan memiliki kemungkinan untuk MVP, serta mampu memberikan solusi untuk isu-isu regional serta mengembangkan produk-produk menguntungkan bagi pasar global. Dengan mitra-mitra seperti MEST, Google for Entrepreneurs, dan Microsoft, Seedstars World mengidentifikasi startup yang bisa tumbuh dengan cepat dan startup yang berperan sebagai pelopor dan berada pada misi untuk mendukung bisnis regional serta pertumbuhan bisnis regional tersebut.

Alisee de Tonnac, CEO Seedstars World mengungkapkan, Seedstars World adalah platform untuk menghubungkan para investor kepada para founder startup masa depan yang berasal dari Sillicon Valley hingga Eropa Barat. Sejujurnya kami berpikir bahwa cara terbaik untuk memberikan pengaruh yang baik di negara-negara berkembang adalah dengan memberikan investasi dan mempromosikan kewirausahaan. Kami berharap bisa melihat bagaimana evolusi startup dengan level yang berbeda-beda dalam jangka waktu setahun dan juga startup-startup baru di negara ini".

11 startup terbaik di Indonesia akan diundang untuk mendapatkan kesempatan berkompetisi di tahap terakhir untuk tingkat regional. Pemenang Seedstars World di Jakarta tahun lalu, eFishery, startup yang memproduksi alat pemberi makan ikan secara otomatis untuk segala jenis ikan dan udang dari Bandung, belum lama ini berhasil mendapatkan pendanaan pre-series A dan siap untuk dikembangkan di Indonesia.

Tahun ini, Seedstars World memiliki Ambassador lokal yang telah melakukan berbagai inisiatif mengenai startups, yaitu Yansen Kamto dari Kibar. Yansen Kamto memutuskan untuk mengikuti Seedstars World karena ia percaya bahwa startup menciptakan pengaruh besar dan ia ingin menempatkan startup-startup Indonesia di ekosistem teknologi global. Seedstars World Jakarta juga bermitra dengan Startup Indonesia dan Conclave.

(brl/red)