Sambut Ramadan, OLX gelar kampanye #BekasJadiBerkah

Sambut Ramadan, OLX gelar kampanye #BekasJadiBerkah

Techno.id - Bulan Ramadan biasanya dimanfaatkan banyak orang untuk berbagi rezeki dan nikmat kepada sesama. Sepanjang bulan penuh berkah ini, berbagi barang bekas layak pakai boleh dibilang sebagai kegiatan yang paling getol digelar.

Layanan marketplace barang bekas, OLX Indonesia, kembali memanfaatkan momen Ramadan untuk menyebar kampanye #BekasJadiBerkah. Tahun ini, gerakan #BekasJadiBerkah dimulai dari seluruh internal OLX yang dibagi menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok bebas menentukan dan membantu orang yang dianggap membutuhkan serta mendokumentasikannya agar tayang di microsite bekasjadiberkah.id.

Tak hanya internal, OLX juga mengajak dan bekerja sama dengan beberapa komunitas untuk melakukan gerakan #BekasJadiBerkah dan melakukan donasi kepada orang yang membutuhkan. Dengan begitu #BekasJadiBerkah 2015 diharapkan mendapat dukungan dari seluruh masyarakat, baik individu maupun komunitas dalam jumlah yang lebih besar.

Kami berharap dengan adanya gerakan sosial ini bisa menumbuhkan kesadaran masyarakat, bahwa masih banyak sekali di sekitar kita yang membutuhkan uluran tangan. Tidak perlu berpikir terlalu jauh ke negeri lain, sementara tetangga kita sendiri masih membutuhkan ujar CEO OLX Indonesia, Daniel Tumiwa (18/06/15).

Meskipun menjadi pemrakarsa gerakan sosial ini, OLX sendiri tidak ikut menerima atau mengumpulkan barang atau donasi. Pemilik layanan lapak barang bekas itu mempersilakan pengumpulan dana ataupun donasi barang dilakukan langsung oleh individu. Tak lupa, mereka juga menyarankan supaya donasi diberikan kepada orang yang membutuhkan di sekitar masing-masing.

Kami tidak akan menampung barang bekas ataupun mengumpulkan donasi dari pengguna, tapi kami bekerja sama dengan beberapa gerakan sosial lain agar bisa jadi referensi bagi para pengguna untuk menjadi pilihan. Sehingga bantuan ini sebenarnya untuk self awareness di tiap individu, lanjut Daniel dalam keterangan resminya.

Gerakan #BekasJadiBerkah sendiri mulai dicetuskan OLX Indonesia mulai bulan Juni 2014. Gerakan ini diharapkan memberikan inspirasi dan motivasi kepada masyarakat agar memiliki kepedulian kepada sesama dengan cara menyumbangkan sebagian atau seluruh hasil penjualan barang tak terpakai kepada orang yang membutuhkan.

Di kesempatan pertama penyelenggaraannya pada tahun 2014 lalu, gerakan #BekasJadiBerkah diklaim telah mendapat dukungan dan tanggapan positif. Tercatat, ada 47.043 orang yang turut berpartisipasi di program ini hanya dalam waktu dua minggu. Perusahaan itu berharap pada penyelenggaraan tahun ini kampanye tersebut akan lebih baik lagi.

(brl/red)