Ruangguru.com: Jembatan pembelajaran interaktif guru dan murid

Ruangguru.com: Jembatan pembelajaran interaktif guru dan murid

Techno.id - Terinspirasi dari susahnya mencari guru privat untuk pembelajaran non-akademis, maka muncullah ide untuk membuat platform yang dapat menangani hal tersebut, yakni RuangGuru.com.

Inilah situs e-learning yang menghubungkan guru dan murid dalam sebuah wadah interaktif untuk melakukan kegiatan pembelajaran. Tidak terbatas jenjang pendidikan, baik siswa sekolah menengah hingga perguruan tinggi, bisa belajar lewat website tersebut. Tak hanya itu, pengajar di RuangGuru ternyata bukan hanya kalangan dari guru formal saja. Namun, siapa pun yang menguasai pelajaran atau kompetensi tertentu bisa menjadi guru di sana.

Berbeda dengan jasa privat konvensional, RuangGuru.com menawarkan keunggulan seperti refund policy. Jika tidak cocok dengan jasa guru, murid bisa melakukan penggantian guru atau mendapatkan refund 100%. Hal tersebut berlaku pada pertemuan pertama paket belajar. Bidang studi yang diajarkan pun beragam dan tidak terbatas pada pelajaran akademik saja. Ada pula verifikasi latar belakang guru yang bisa dimanfaatkan oleh para murid.

Selain itu, RuangGuru.com juga menawarkan sistem yang fleksibel, di mana guru dan murid bisa menentukan paket, lokasi, dan preferensi waktu belajar masing-masing. Di bulan Agustus 2014, jumlah guru yang terdaftar di situs itu mencapai 2.000 orang. Hingga kini, jumlah guru meningkat secara signifikan mencapai 7.000 orang.

RuangGuru.com menerapkan model bisnis melalui fee 20% dari nilai transaksi berdasarkan jumlah jam yang terdaftar di dalam platform sebagai komponen penting untuk sistem rating yang diterapkan terhadap guru. Guru akan mendapatkan rating sesuai dengan pengalaman belajar bersama murid. Sistem rating nantinya diterapkan untuk mengurangi potensi terjadinya transaksi di luar sistem.

Tertarik mencobanya?

(brl/red)