Hadirkan aplikasi mobile, Opini.id harapkan Indonesia lebih kritis

Hadirkan aplikasi mobile, Opini.id harapkan Indonesia lebih kritis

Techno.id - Opini.idsebuah platform komunitas sosial dalam meningkatkan interaksi atas sudut pandang topik terkini, meluncurkan aplikasi mobile yang dapat diunduh pada Android dan iOS.

Melalui layanan ini, pengguna dapat mengajukan pertanyaan, pendapat hingga melakukan voting terkait permasalahan yang sedang bergulir. Pihaknya berharap Opini.id dapat mendorong masyarakat Indonesia untuk memiliki logika berpikir yang benar sehingga dapat terlibat dalam membuat Indonesia menjadi lebih baik.

Frandy Wirajaya, CEO Opini.id mengatakan, Kami ingin memberikan kemudahan dan mendorong pengguna untuk menyampaikan opini secara lebih aktif dan intens melalui aplikasi ini. Kehadiran aplikasi mobile ini juga diharapkan dapat memudahkan interaksi antar pengguna, terutama anak muda, dengan lebih cepat dan praktis dalam menyampaikan pemikirannya secara kritis atas suatu topik yang sedang ramai dibahas oleh masyarakat.

Opini.id telah memiliki 35.000 pengguna dan memiliki target mencapai 1 juta pengguna aktif di tahun 2016. Aplikasi ini juga dilengkapi oleh fitur push notification dimana seluruh pengguna dapat melihat serta mengikuti update terbaru atas diskusi yang diikuti ataupun topik lain sesuai dengan minat pengguna. Selain itu, layanan ini juga bisa menjadi media untuk berbagi informasi terkini dalam bentuk infografis, foto, maupun video antar para pengguna.

Frandy menambahkan, Kami ingin memfasilitasi informasi dan pemikiran kritis yang dimiliki oleh masyarakat Indonesia, agar didengar oleh publik secara lebih luas. Dalam jangka panjang Opini.id diharapkan dapat turut menjadi bagian dalam pembangunan menuju Indonesia yang lebih kritis, Opini.id tidak melakukan perubahan atas konten yang dikirimkan, tapi tetap melakukan pengawasan dan kontrol untuk konten-konten yang berkaitan dengan SARA, kekerasan maupun pornografi.

Opini.id juga terus melakukan inovasi dengan melakukan pengembangan teknologi yang mampu melihat sentimen publik, tren, dan preferensi masyarakat Indonesia untuk menghasilkan pengolahan data yang lebih baik. Melalui pengembangan ini, Opini.id ingin lebih menyempurnakan user experience dan mendukung masyarakat Indonesia untuk mengekpresikan opini yang berkualitas secara bebas dan bertanggung jawab untuk kemajuan Indonesia.

Sejauh ini feedback dari pengguna cukup positif, secara umum mereka menganggap aplikasi ini intuitif dan cepat digunakan. Kedepannya kami akan coba untuk menggali lebih banyak pengguna untuk menyampaikan pendapat, bertanya, melakukan survey atau hingga memulai sebuah gerakan positif melalui aplikasi ini. Kami harap seiring dengan pertumbuhan pengguna mobile di Indonesia, nantinya traffic terbesar Opini.id akan berasal dari aplikasi mobile. lanjut Frandy.

Hingga saat ini, Opini.id telah memiliki lebih dari 13.000 pertanyaan, 400.000 opini, 400 topik, 90.000 twitter followers, dan 9.800 facebook likes.

(brl/red)