CONNECT WITH US
Fauzan Jamaludin |
 4 Maret 2016 07:00

Founder eFishery: Jangan main-main dengan startup

"Kalau ngomong soal startup, jangan sampai salah niat hanya untuk adu keren, apalagi hanya untuk mengejar pendanaan semata"

Founder eFishery: Jangan main-main dengan startup

Techno.id - Selaku pihak yang sedang melakoni, Founder eFishery, Ihsan, mengatakan bahwa membangun bisnis startup sangat jauh berbeda dengan bisnis konvensional. Dalam kamus Ihsan, bisnis startup adalah membangun sesuatu yang belum ada menjadi ada, sedangkan bisnis konvensional adalah sebaliknya.

"Startup itu, kita mendesain perusahaan yang akan tumbuh dengan cepat, yang nantinya akan membawa perubahan yang sangat cepat pula. Artinya, peranan untuk yang ke society itu akan besar sekali," ujarnya seusai acara Google Launchpad Accelerator sebagaimana dikutip dari Merdeka, Kamis (03/03).

"Kalau kata Paul Graham, apa sih yang membedakan orang bangun bisnis biasa dengan bangun startup? Kalau bangun bisnis biasa, orang bangun bisnis yang sudah ada. Selanjutnya tinggal diamati, ditiru dan dimodifikasi. Kalau startup, mengubah yang awalnya tidak ada menjadi ada," tambahnya.

Menurut Ihsan, bisnis startup di Indonesia saat ini memang tengah dalam masa keemasan. Kendati demikian, ia tetap menyarankan para pelaku startup untuk melakukan secara sungguh-sungguh dan bukan hanya sekadar mencari pendanaan atau hanya untuk ajang adu keren semata.

"Inti dari saya lebih kepada orientasinya. Jika kita ngomong soal startup, jangan sampai salah niat hanya untuk adu keren semata. Apalagi hanya untuk mengejar pendanaan tapi miss manajemen dan pengelolaannya. Sumber daya kita kan terbatas, jadi perlu digunakan baik-baik," papar Ihsan.

WHAT TO READ NEXT ?