Dibikin secara kebetulan, KebunBibit kini kumpulkan Rp500 juta/bulan

Dibikin secara kebetulan, KebunBibit kini kumpulkan Rp500 juta/bulan

Techno.id - Pemain di jual-beli fashion dan gadget via online di zaman sekarang memang sudah banyak dan biasa. Bagaimana dengan jual-beli tanaman?

Untuk urusan ini, KebunBibit.id ahlinya. Startup asal Malang ini adalah e-comerce yang memiliki keunikannya tersendiri karena menggarap sektor hijau yang benar-benar masih 'hijau'. Beragam tumbuhan, mulai dari tanaman hias hingga tanaman obat, mereka pasarkan langsung ke konsumen.

"Pertamanya itu kebetulan, " Steve Stanley mengawali kisah berdirinya KebunBibit kepada Techno.id. Pada Juni 2012, CEO dan founder KebunBibit itu mulai mencoba berjualan tanaman hias lewat dunia maya. Jejaring sosial Facebook dan BlackBerry Messenger menjadi segelintir jalan pemasaran utamanya saat itu.

Dibikin secara kebetulan, KebunBibit kini kumpulkan Rp500 juta/bulan

Steve Stanley, CEO dan founder KebunBibit
2015 KebunBibit

"Waktu itu saya mau buka toko online, tapi bingung, 'toko online apa ya yang bisa?'," aku Steve. Sebelum menekuni bisnis jual-beli tanaman, ia menceritakan kalau dulunya sempat mencoba beragam bisnis, termasuk jual-beli hewan. Namun menurutnya, tanaman hiaslah komoditas yang lakunya paling cepat.

Dua bulan berselang, tepatnya 13 Agustus 2012, situs KebunBibit.id akhirnya diluncurkan.

Di awal kelahiran KebunBibit, Steve menangani banyak hal sendirian. Tak hanya berbelanja produk, urusan marketing sampai mengelola website ia tangani sendiri sembari belajar secara otodidak. Steve pun tak menyangkal kalau KebunBibit awalnya masih asal-asalan.

"Sebisa mungkin yang penting online," pria asal Cepu tersebut berprinsip.

Kini, di usianya yang hampir menginjak tahun keempat, KebunBibit semakin kuat. Dari dulunya baru mengirimkan enam paket per hari, kini mereka sudah menangani ratusan transaksi. Revenue KebunBibit menurut Steve juga sudah meningkat, yakni hingga Rp500 juta per bulan.

(brl/red)