Waduh, Snapchat kebobolan!

Waduh, Snapchat kebobolan!

Techno.id - Media sosial yang terkenal suka 'menghilangkan' foto yang telah dilihat penggunanya itu sedang mendapat cobaan. Lewat blog resminya (28/02/16), Snapchat menyatakan pihaknya telah menerima sebuah serangan cyber. Akibatnya, identitas sejumlah pegawai dan mantan pegawainya pun bocor.

"Jumat lalu, departemen keuangan Snapchat diserang oleh sebuah email penipuan yang berlagak sebagai CEO kami dan meminta info gaji pegawai," pihak Snapchat membeberkan kronologis kasus ini. Walau tak dipaparkan secara spesifik data apa saja yang bocor, kemungkinan dari slip gaji itu hacker bisa mengetahui rekening bank, alamat rumah dan email, serta identitas pribadi lain. Tentu akan berbahaya jika info pribadi itu dimanfaatkan oleh orang yang salah.

Untuk menuntaskan penipuan ini, Snapchat telah bergerak cepat dengan melapor ke FBI sembari mengecek pegawainya yang mungkin sedang ditarget. Perusahaan yang dipimpin oleh Evan Spiegel itu pun menawarkan pada mereka asuransi pencurian identitas dan monitoring gratis selama dua tahun.

Untungnya, tak ada sistem internal yang diterobos oleh hacker. Alhasil, informasi user Snapchat pun masih aman.

Sebelumnya tahun 2014 silam, ada sekitar 200 ribu foto milik user Snapchat yang dicuri. Kejadian ini bermula setelah sebuah aplikasi pihak ketiga yang berguna untuk menyimpan foto yang dikirim pengguna Snapchat di-hack. Kendati demikian, aplikasi pihak ketiga itulah yang diyakini bertanggung jawab. Snapchat pun cuci tangan.

(brl/red)