Ternyata profil Facebook bisa 'dibobol' menggunakan nomor telepon

Ternyata profil Facebook bisa 'dibobol' menggunakan nomor telepon

Techno.id - Baru-baru ini, Reza Moaiandin, technical director of Leeds, perusahaan teknologi di bawah naungan Salt Agency mengumumkan temuan yang cukup mengejutkan. Menurut temuan tersebut, kini profil pengguna Facebook bisa 'dibobol' hanya dengan menggunakan nomor telepon saja.

Dikutip dari NDTV (10/8/15), Moaiandin kabarnya berhasil mengeksplorasi 'lubang' yang diklaimnya ditemukan pada sistem jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg tersebut. Dibantu dengan alat yang dibuatnya, Moaiandin bisa menemukan informasi pribadi maupun profil yang sengaja disembunyikan dengan menggunakan nomor telepon dan hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja. Tak hanya satu atau dua profil Facebook saja yang bisa 'dibobol', menurut Moaiandin seribuan profil bisa 'dibobol' menggunakan metode ini asal pemilik akun Facebook telah mencantumkan nomor teleponnya di profil mereka.

Ternyata profil Facebook bisa 'dibobol' menggunakan nomor telepon

Ilustrasi profil Facebook 'dibobol' menggunakan nomor telepon 2015 NDTV.com

Moaiandin menjelaskan jika alat buatannya tersebut bekerja dengan mengeluarkan sejumlah nomor telepon secara acak. Nomor yang keluar secara acak tersebut nantinya akan mengarahkan kepada profil pengguna bahkan jika si pengguna telah mengunci profil Facebook-nya. Nah, melalui serangkaian percobaan, maka dalam beberapa menit gambar profil pribadi, nama, dan berbagai informasi privasi pengguna Facebook bisa dengan mudah diakses.

Moaiandin mengungkapkan, hasil temuannya ini sempat dilaporkannya ke Facebook, supaya jejaring sosial dengan dominasi warna biru tersebut menambahkan lapisan tambahan keamanan pada sistemnya. Namun, kabarnya Facebook dikabarkan menolak hasil temuan Moaiandin tersebut dan menolak menyebutnya sebagai kerentanan.

(brl/red)