Security Checkup, fitur keamanan baru dari Facebook

Security Checkup, fitur keamanan baru dari Facebook

Jejaring sosial Facebook, baru saja memperkenalkan fitur keamanan barunya, Security Checkup. Fitur ini diklaim mampu menjadi proteksi tambahan bagi akun Anda dan menjauhkan akun Anda dari peretasan.

Dalam siaran pers yang Techno.id dapatkan, pihak Facebook menyebutkan bahwa fitur ini bakal segera menyapa pengguna di seluruh dunia. Melissa Luu-Van, Product manager Facebook menyatakan, dalam beberapa minggu ke depan pengguna akan melihat sebuah reminder pada bagian atas News Feed. Nantinya, pengguna sangat disarankan untuk mengklik 'Get Started' dan mengikuti petunjuk yang telah diberikan.

Adapun langkah-langkah yang perlu diikuti oleh pengguna untuk mengaktifkan Security Checkup adalah sebagai berikut:

Pertama, setelah klik 'Get Started' akan ada pemberitahuan yang menyarankan Anda untuk log out dari perangkat yang tidak digunakan atau pun yang terlupakan, sehingga Anda hanya akan log in ke facebook di perangkat yang Anda inginkan.

Kedua, Anda dapat mengaktifkan login alerts, sebuah fitur yang dapat memberitahu Anda jika ada orang lain yang log in dengan akun Anda. Kami akan mengirimkan notifikasi atau email alert kepada Anda jika ada orang yang mencoba untuk log in memakai akun Anda dari perangkat maupun browser tak dikenal.

Ketiga, pelajari beberapa tips untuk membuat password yang kuat dan unik. Kami sarankan agar Anda untuk tidak memakai password Facebook Anda di tempat lain secara online, jangan pernah memberitahukan kepada orang lain, dan hindari kata-kata umum yang mudah ditebak.

Fitur Security Checkup awalnya akan tersedia terlebih dahulu untuk Facebook versi desktop. Beberapa minggu ke depan, fitur Security Checkup untuk perangkat mobile pun dikabarkan segera akan dirilis.

(brl/red)